MENU
icon label
image label
blacklogo

Rolly Edward, Hadirkan Cara Baru Main Game Lewat Skyegrid

OCT 29, 2018@12:20 WIB | 1,069 Views

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu syarat untuk bisa memainkan game AAA atau game premium adalah dibutuhkan perangkat seperti PC atau laptop gaming dengan spesifikasi mumpuni. Perangkat semacam ini tentu tak bisa didapat dengan harga yang murah.

Kini gamers tak lagi memerlukan laptop atau PC gaming berharga mahal untuk menikmati game-game premium, berkat hadirnya sebuah platform cloud gaming yang digagas oleh Rolly Edward yang diberi nama Skyegrid.

Tim BlackXperience berkesempatan untuk bersua dan mengobrol dengan Rolly selaku CEO dari Skyegrid. Mulai dari kiprahnya bersama Skyegrid, hingga harapannya untuk Industri game di Indonesia.

Main game di mana saja dan kapan saja

Jadi apa itu Sykegrid? Skyegrid merupakan sebuah platform cloud gaming asli Indonesia. Skyegrid menghadirkan layanan cloud gaming yang bisa dinikmati para gamers di Indonesia. Kini gamers tak perlu lagi perangkat-perangkat mahal untuk memainkan game yang diinginkan.

“Mereka bisa memanfaatkan Android, bisa memanfaatkan laptop non-gaming untuk bisa memainkan game AAA. Layanan ini tersedia untuk gamers di Indonesia,” ujar Rolly saat ditemui tim BlackXperience.com.

Ibaratnya Skyegrid mirip dengan layanan Netflix atau Spotify, namun kontennya adalah video games atau game AAA (triple A). Anda akan bisa memainkan ratusan game PC yang tersedia di Skyegrid melalui platform-platform yang telah mendukung, seperti Windows, Mac, Linux, Android dan Smart TV.

Syarat yang dibutuhkan untuk laptop atau PC berbasis Windows adalah menggunakan sistem operasi Windows 7 64 bit ke atas. Sedangkan untuk MacOS mulai dari El Capitan ke atas. Sementara untuk Android telah mendukung mulai dari OS Kitkat ke atas.

Syarat wajib yang tak kalah penting lainnya adalah jaringan internet. Untuk bisa menikmati bermain Skyegrid dengan lancar, dibutuhkan internet dengan kecepatan 3 mbps untuk smartphone. Sedangkan untuk PC dan laptop membutuhkan kecepatan 5 mbps.

Rolly mengaku, ide untuk menciptakan Skyegrid ini lahir dari thesis yang ia buat. Menurutnya, industri gaming kedepannya akan beralih ke cloud. Sehingga orang-orang bisa main game dimanapun dan kapanpun.

Lewat Skyegrid, Rolly ingin membuat game-game premium bisa dinikmati semua kalangan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli perangkat ataupun membeli game.

“Main game itu bukan hobi yang cukup murah, bisa dibilang hobi yang cukup mahal. Kita harus beli perangkat, kita harus beli game-nya. Alasan hadirnya Skyegrid adalah gimana caranya industri positif (game) ini bisa dinikmati semua kalangan,” tutur Rolly.

Sampai artikel ini diterbitkan, Skyegrid telah memiliki lebih dari 100 judul game dan akan terus diperbarui setiap bulannya. Tersedia beragam game-game terpopuler seperti: Dota 2, GTA V, Paladins, PUBG, Team Fortress 2 dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bisa menikmati semua game yang ada di Skyegrid, Anda cukup membayar sebesar Rp 179.000 per bulannya.

Gandeng developer game lokal

Setelah sukses bekerjasama dengan beberapa publisher dan developer internasional, Skyegrid juga memiliki misi untuk menggandeng banyak developer lokal.

Saat ini Rolly dan tim tengah gencar melakukan road show untuk mengenalkan Skyegrid kepada para developer lokal. Salah satu yang telah sukses bergabung adalah Digital Happiness yang telah dikenal hingga mancanegara lewat game Dread Out.

Rolly berharap dengan adanya Skyegrid bisa dimanfaatkan para developer lokal untuk memperkenalkan game-game buatan mereka. Sehingga nantinya bisa lebih dikenal di kalangan gamers-gamers Indonesia.

“Publisher atau developer lokal jangan takut untuk bikin game, jangan takut untuk berinovasi. Kalau bingung mau masukin dimana, bisa masukin di Skyegrid,” jelas Rolly.

Kurangi angka pembajakan

Kedepannya Rolly mengaku memiliki pekerjaan rumah untuk mengedukasi masyarakat mengenai apa itu Skyegrid dan apa itu cloud gaming. Karena menurutnya, dengan adanya cloud gaming ini bisa mengubah kebiasaan dari masyarakat dalam menikmati konten game.

“PR besar adalah edukasi. Yang tadinya biasanya main di perangkat yang dia harus membeli dulu, sekarang dia bia menggunakan perangkat yang sudah ada. Tantangannya juga gak mudah untuk kita sosialisasikan ke semua segmen di Indonesia,” ucap Rolly.

Ia juga berharap dengan adanya platform seperti Skyegrid bisa mengurangi angka pembajakan dalam industri game di Indonesia.

“Jadi kalau game itu bisa masuk di Skyegrid, kemungkinan pembajakan itu akan susah. Gimana mau bajaknya, mainnya aja streaming. Jadi tidak ada fisik yang bisa di download lagi,” pungkas Rolly. [Hlm/timBX]

Tags :

#
skyegrid,
#
rolly edward,
#
ceo skyegrid,
#
cloud gaming,
#
cloud gaming indonesia

RELATED ARTICLE