MENU
icon label
image label
blacklogo

Kiprah Ken Block dari Industri Sepatu Banting Stir ke Rally, Stunt Gymkhana, Brand Hoonigan

JAN 03, 2023@15:26 WIB | 302 Views

Hoonigan, gymkhana, rally menjadi karakter yang melekat dari sosok personal Ken Block.  Artis otomotif yang iconic ini dikabarkan telah meninggal pada 3 Januari 2023, akibat kecelakaan di lereng curam  Wasatch, menggunakan snowmobile.

Ken Block lebih dikenal dengan aksi stunt di cabang olah raga Gymkhana, sekaligus founder Gymkhana, co Founder Hoonigan Industries yang mempopulerkan culture modifikasi mobil lebih keren dari dunia NASCAR. Ya, Amerika Serikat boleh berbangga dengan berbagai event show car dari Ken Block. 

Ken Block telah bolak-balik ganti brand. Kepiawaian Block menjadikan dirinya dipercaya beberapa brand dunia, seperti Subaru, Ford dan Audi selama beberapa Decade. 

Dunia Rally dimulai Ken Block bersama Subaru STI pada tahun 2005 dan memperkenalkan  video Gymkhana pertama kali pada 2009 bersama Subaru. Sejak putus kontrak bersama Ford, Block memulai dunia lamanya bersama Subaru menggunakan Subaru WRX STI pada 2021. Mobil inilah yang mengantarkan adrenalin Block menuju puncak, bagaimana dia mem-push to the  limits kemampuan mobil WRX STI pada olah raga rally diusianya 54 tahun lalu dengan mengikuti 6 putaran musim American Rally Association. Dengan tenaga 335hp dan torsi 542Nm, terlihat jauh dari tenaga Subaru yang digunakan oleh Travis Pastrana di Gymkhana 11 dengan 862hp.

Di dunia customized, Block telah membangun mobil-mobil keren dengan tenaga diatas 1000hp. Ford Raptor kolaborasi dengan Trax 600 hp, Porsche 911 Hoonipigasus, serta Ford Notchback Mustang  V1 dan V2 dengan Hoonicorn 845hp 4WD. Tampil di SEMA 2014, dengan mesin Ford V8 6,75 liter. Sementara V2 dilahirkan kembali dengan mesin V8 bertenaga 1400 hp dan torsi 1694 Nm. 


Ford Fiesta ST RX43 dan Ford Focus RS RX43

Mobil kebanggan Amerika ini dibangun dengan ekspektasi tinggi dari Ken Block. Akselerasi 2 detik dari 0-98kpj, bisa untuk kompetisi sekelas gymkhana, bahkan rally di hutan. Pernah mengikuti Global Rallycross Championship 2013, dengan tenaga 600 hp tampil sempurna di Gymkhana 8 dan Gymkhana 7.

Diikuti dengan Ford Focus RS RX43, hasil kolaborasi Hoonigan Racing Division, M-Sport, dan Ford Performance. Tenaga yang dihasilkan 600 hp dan torsi 881Nm dari mesin 2 liter 4 silinder Forced Induction turbocharger. Akselerasi 0-98km  di dua detik saja.

Ken Block dengan produktivitas di dunia industri modifikasi dinobatkan sebagai 50 orang industri paling berpengaruh pada tahun 2015 dan 2017. Jika tidak ada pertandingan NASCAR, maka aksi-aksi stunt dan Gymkhana dari Ken Block sudah memberikan entertain yang cukup baik untuk publik Amerika bahkan dunia. 

Dunia otomotif ternyata bukan kali pertama yang menghasilkan kocek tebal mendiang Ken Block. Tahun 1994 brand DC Shoes terlahir dari sebuah garasi. Hingga puncaknya tahun 2004 brand Quicksilver membeli DC Shoes dengan USD87 juta. Dirinya menjual kantornya dan menggantinya dengan sepetak tanah gersang. 

Menginjak usia ke 36 dirinya baru mengikuti sekolah mengemudi reli. Satu tahun kemudian dirinya sudah masuk di dunia balap profesional. Tiga tahun berikutnya video pertama Gymkhana dirilis 2008 dan meraup uang sebesar USD550, dan kekayaan itu terus bertambah hingga sekarang. 

Ken Block sedang menyelesaikan beberapa project dengan Audi.  Bagaimana kampanye Audi dengan mobil elektriknya digunakan untuk aksi stunt gymkhana di Las Vegas. Bertenaga 800 volt, bi-motor, AWD Audi S1 Hoonitron’s  tampil cukup mengesankan sebagai mobil elektrik pertama yang tampil cukup sinematik seluruh pelosok kota Las Vegas. 

Dipostingan instagramnya, @kblock43 dirinya sempat memposting sang putri Lia, bersama Audi  Quattro 85 yang bakal live youtube di akun miliknya. Secara skill, Lia sudah terlibat dalam beberapa pengujian di trek lurus. Siapakah penerusnya Lia, atau Travis Pastrana? [Ahs/timBX]

Tags :

#
ken block,
#
hoonigan industries,
#
stunt driver,
#
gymkhana

RELATED ARTICLE