MENU
icon label
image label
blacklogo

Chandra Subowo, Sosok Dibalik D'Mens Barbershop

JUN 25, 2018@11:30 WIB | 2,632 Views

Kegiatan merawat rambut ke salon begitu identik dengan perempuan. Namun di zaman sekarang ini para pria juga dituntut untuk memperhatikan tampilan gaya rambutnya. Hal ini juga yang membuat tren barbershop menjadi begitu menjamur.

Nah, salah satu barbershop yang telah cukup lama malang melintang di bidang satu ini adalah D’Mens Barbershop. Selama lebih dari 6 tahun, D’Mens Barbershop telah menjadi jawaban kebutuhan style rambut para kaum adam.

Agfi Nugraha dan Chandra Subowo menjadi tandem dibalik roda bisnis D’Mens Barbershop. Kali ini tim BlackXperience berkesempatan untuk berbicang langsung dengan Chandra Subowo. Penasaran dengan obrolan kami? Simak selengkapnya eksklusif hanya di BlackXperience.com.

Bermodal Nekat

D’Mens Barbershop hadir sejak tahun 2012 yang bermula dari kesulitan Bowo mencari barbershop dengan harga yang sesuai dengan koceknya sebagai mahasiswa. Karena menurutnya pada saat itu barbershop yang ada memiliki tarif dan lokasi yang kurang terjangkau.

“Karena itu, saya bikin barbershop ini bersama teman saya Agfi Nugraha di tahun 2012 awalnya. Pertama kali kita buka di Kotabumi,” tutur pria yang akrab disapa Bowo.

Dengan modal nekat dan tanpa basic sebagai barberman sama sekali, keduanya begitu percaya diri menjalankan D’Mens Barbershop.

“Pas awal kita nyoba itu benar-benar berantakan banget. Pokoknya kita modal nekat, padahal satu pun belum beres kita udah nyoba expand buka yang baru lagi. Dari situ kita belajar, kita ngerasain semua jatuh bangunnya,” cerita Bowo saat ditemui tim BlackXperience.com.

Langkah kedua sahabat ini membuka bisnis barbershop bisa dibilang penuh lika-liku. Banyak cerita dan pengalaman seru yang mengiringi perjalanan mereka. Mulai dari ditipu oleh partner bisnis, hingga kualitas sumber daya manusia yang dimiliki kurang memuaskan.

Berbekal keinginan untuk terus belajar dan tekad yang pantang menyerah, keduanya berusaha mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

“Seiring berjalannya waktu kita mencari solusinya nih. Gimana caranya kita dapat sumber daya yang pas dan cocok dengan visi misi kita,” tutur Bowo.

Berkiprah selama enam tahun lebih, D’Mens Barbershop terus berekspansi hingga kini telah memiliki 10 cabang yang berbasis di Tangerang.

D’Mens School and Training

Seperti yang telah disebutkan di atas, faktor sumber daya manusia menjadi permasalahan utama yang dihadapi D’Men Barbershop di awal memulai bisnisnya. Namun semua dapat di atasi melalui D’Mens School and Training yang mereka dirikan.

D’Mens School and Training adalah sekolah cukur yang dibuka untuk umum. Fasilitas ini juga digunakan untuk mendistribusikan barberman di cabang-cabang milik D’Mens Barbershop.

“Sampai saat ini semua barberman kita belajar dari nol di D’Mens School and Training. Sampai akhirnya bisa dan bekerja disini. Jadi kita gak nyomot dari tempat-tempat lain. Kita produksi barberman sendiri,” ujar Bowo.

Menurut Bowo dengan adanya D’Mens School and Training, D’Mens Barbershop bisa menjaga standar kualitas yang telah mereka tetapkan, serta mengetahui dan membentuk attitude sang barberman yang nantinya akan bertugas melayani konsumen.

D’Mens School and Training menyediakan jasa pelatihan cukur rambut mulai dari yang berbayar hingga gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Terdapat tiga kelas yang bisa diikuti, yakni kelas D’Mens (gratis), kelas profesional, dan kelas bisnis.

Tidak ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin belajar menjadi seorang barberman. Yang dibutuhkan hanya kemauan dan niat untuk belajar.

“Kita benar-benar menjaga kualitas. Kita punya standarisasi yang sudah kita tetapkan. Itu sudah ditanamkan dari mereka belajar di D’Mens School and Training,” jelas Bowo.

Layanan Lengkap

Pencapaian ini belum membuat Bowo dan Agfi puas dengan D’Mens Barbershop. Untuk itu mereka ingin terus berinovasi mengembangkan bisnis mereka. Tahun 2018 ini mereka telah menghadirkan D’Coffee dan D’Wash.

D’Coffee dan D’Wash menjadi fasilitas baru yang ada di D’Mens Barbershop. Melalui D’Coffee mereka menyediakan beragam sajian kopi yang dapat dinikmati pelanggan. Sedangkan D’Wash merupakan jasa pencucian kendaraan.

“Kita pengen buatin one stop for men. Jadi disini kalian bisa potong rambut sambil ngopi, juga sambil nyuci kendaraannya,” jelas Bowo.

Kedepannya D’Mens Barbershop menargetkan untuk kembali membuka cabang baru di luar Tangerang. Sehingga semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati suguhan jasa yang disajikan D’Mens Barbershop.

Tak hanya itu, D’Mens juga akan menciptakan produk-produk pendukung untuk pria. Setelah lebih dulu menghadirkan produk pomade buatan sendiri, D’Mens Barbershop juga berencana untuk merilis parfum dan tools buatan mereka.

“Mungkin dalam waktu dekat ini itu beberapa produk yang akan kita kembangin ya,” tutup Bowo. [Hlm/timBX]

Tags :

#
candra subowo,
#
barbershop,
#
dmens barbershop

RELATED ARTICLE