MENU
icon label
image label
blacklogo

Aulia Faqih, Dirakit.com

OCT 03, 2016@16:38 WIB | 1,795 Views

Perkembangan dunia teknologi kian pesat seiring berkembangnya zaman. Teknologi kini hadir untuk semakin memudahkan aktivitas manusia, memberikan solusi dari segala masalah. Internet of Things (IoT) salah satunya, kini menjadi idola bagi para penggiat teknologi.

Aulia Faqih merupakan salah satu penggiat teknologi yang sedang tergila-gila dengan dunia IoT. Intel Innovator ini mengaku sudah tertarik dengan IoT sejak awal 2015, berawal dari rasa penasaran akan kegunaan dari alat-alat IoT akhirnya Auliapun mempelajari dan mendalami dunia IoT ini. Namun kurangnya referensi yang berasal dari dalam negeri membuat Aulia kerap kesulitan untuk mulai membuat suatu project IoT.

Hal inilah yang mendasari lahirnya dirakit.com. Dirakit.com dibangun dengan harapan menjadi sumber inspirasi para pembuat IoT dalam membuat produknya.

"Sulitnya referensi mengenai IoT membuat saya berpikir bahwa perlu ada wadah yang menjembatani para pembuat IoT untuk membantu mereka membuat solusi." ujar Aulia.

2016 menjadi tahun lahirnya dirakit.com. Awalnya Aulia sendiri bahkan terjun untuk membuat konten yang diharapkan dapat memancing penggiat teknologi lain untuk bisa berpartisipasi dan sharing mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Dalam komunitas dirakit.com ini, anggota mencoba untuk membuat proyek-proyek dasar dengan harapan proyek ini bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang dimiliki para pembuat IoT.

Aulia sendiri pernah membuat produk IoT seperti smart farming, smart house, smart monitoring, smart health dan lain sebagainya. Namun ia mengaku bahwa ia lebih tertarik dengan produk IoT yang dapat langsung diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Contoh produk yang pernah ia buat ialah sistem keamanan sepeda motor.

Cara kerjanya ialah dengan menambahkan produk IoT ke dalam sepeda motor yang dapat menghubungkan sepeda motor dengan access point. Sepeda motor baru bisa digunakan ketika kita mempunya access point tersebut, sehingga keamanan sepeda motor kita dapat sangat terjaga.

Jika ingin membuat suatu produk IoT jelas yang harus kita ketahui terlebih dahulu ialah masalah apa yang ingin kita pecahkan menggunakan produk IoT tersebut. Setelah masalah diketahui, barulah pembuat IoT ini dapat terfokus dalam tiga hal yaitu teknologi hardware apa yang akan dipakai termasuk sensor autoboard-nya, kemudian juga menentukan aplikasi apa yang akan berjalan dengan produk ini, dan terakhir teknologi komunikasi data apa yang dapat terhubung dengan produk tersebut. Tiga hal ini harus benar-benar diperhatikan agar dapat menemukan solusi yang bisa digunakan dengan maksimal.

Lahirnya produk IoT ini menjadi solusi dari masalah-masalah yang dimiliki individu zaman sekarang. Dan tentu saja, dibutuhkan kreativitas agar masalah-masalah tersebut mampu menemukan solusinya.

"Kreatif dan inovatif itu menurut saya kita bisa melihat masalah, kemudian mendayagunakan apa yang ada, sehingga dapat tercipta sebuah solusi untuk masalah tersebut" tutur pria asal Jawa tersebut.

Dan yang tidak ketinggalan, Aulia juga mengharapkan produk-produk IoT ciptaan anak bangsa ini tidak hanya berakhir di lab, namun juga mampu untuk diproduksi secara massal, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Karena kualitas produk anak bangsa saat inipun tidak bisa diremehkan, banyaknya penghargaan yang dimiliki anak bangsa menjadi bukti nyata kita mampu berjaya di negara kita sendiri. Yang perlu dilakukan selanjutnya ialah lebih banyak apresiasi terhadap produk lokal, sehingga generasi kreatif dapat terus berkembang dan mengharumkan nama tanah air tercinta ini. [Clo/timBX]

Tags :

#
aulia faqih,
#
dirakit.com,
#
internet of things,
#
iot