MENU
icon label
image label
blacklogo

Antonius Bong, Hadirkan Bobobox Sebagai Solusi Akomodasi Traveller Masa Kini

NOV 25, 2019@11:55 WIB | 1,326 Views

Bobobox adalah pengelola jaringan hotel kapsul waralaba di Indonesia yang mengusung desain kapsul minimalis dengan teknologi konektivitas antara ruangan-ruangannya dengan aplikasi seluler menggunakan Internet over Thing (IoT). Pada Juni 2018, Bobobox meluncurkan penginapan hotel kapsul pertamanya di Bandung. Menurut Antonious Bong sebagai Co-Founderse sekaligus Managing Partner, Bobobox bertujuan agar para traveller tidak sekadar nyaman saat perjalanan dan beristirahat, tapi juga mendapatkan pengalaman unik selama menginap.

Bobobox menghadirkan pods (kapsul ruang tidur) yang menawarkan kebutuhan yang membuat para pengguna tenang dan nyaman dengan biaya yang terjangkau. Pods tersebut dilengkapi dengan aplikasi yang mampu mengendalikan akses pintu, nyala lampu yang bisa disesuaikan, fitur keamanan, bluetooth speaker, hingga pendingin ruangan. Yuk simak penjelasan lebih lanjut Antonius mengenai Bobobox.

Apa Sih Bobobox Itu?

Bobobox ini adalah satu solusi akomodasi yang inovatif karena kita mengambil angle di mana sekarang semua orang bisa travelling. Everyone can travel itu adalah salah satu tagline kita. Yang kita lakukan di sini adalah dengan memadukan teknologi dan smart design untuk menghasilkan efesiensi di mana traveller hanya membayar apa yang mereka perlukan saja. Contohnya mereka sekarang tidak butuh lagi perlu penginapan dengan restoran dan lobi yang besar. Kebutuhan mereka kini lebih ke arah penginapan dengan tempat tidur dan shower yang  nyaman serta memiliki kemudahan dalam proses booking, check in, dan check out. Jadi kami mengefesiensikan hal-hal yang diperlukan dan mengeleminasi yang tidak dibutuhkan lagi.

Dari Mana Muncul Ide Ini?

Pada dasarnya saya seorang traveller dulunya. Nah solusi Bobobox itu pertama muncul di 2016 sebagai sebuah ide di mana semua orang harus bisa travelling. Oleh karena itu mereka tentunya butuh sebuah akomodasi yang murah, nyaman, cepat, dan bisa memenuhi kebutuhan para millineals adventurer serta smart bussines traveller. Dengan melihat adanya konsep budget airlines, maka kita perlu menghadirkan itu di sektor akomodasi.

Kapan Bobobox Mulai Dilaksanakan?

Kami mulai melakukan eksekusi ide dari 2017 dengan menyusun sistem hingga mengembangkan jadi prototipe. Lalu akhirnya launching di Juni 2018.

Fasilitas Apa Saja yang Ditawarkan Oleh Bobobox?

Bobobox menawarkan 2 jenis kamar. Jadi satu box itu terdiri dari 2 kamar, yang di atas dinamakan Sky dan yang di bawah disebut Earth. Keduanya sama-sama memiliki king size bed yang cukup untuk ruang tidur 2 orang dewasa dan satu anak.

Kami merubah pemikiran di mana hotel kapsul identik hanya memiliki kasur untuk satu orang dan terkadang berukuran sangat kecil. Kita hadir dengan size yang lebih besar dengan AC dan hexos serta semua box memiliki pintu. Jadi satu kapsul bobobox bisa untuk satu orang atau satu keluarga dengan satu anak.

Apa Sih Keunggulan Bobobox Dibandingkan Penginapan atau Hotel Lain?

Kalau dibandingkan dengan hotel bintang 3 di lokasi yang sama, dari harga saja kami hanya separuhnya bahkan 60 persen lebih murah. Kalau dibandingkan dengan hostel atau guest house, kami memberikan keunggulan di mana dari segi fasilitas dan pengalaman menginap sudah terstandarisasi. Jadi tidak masalah Anda menginap di Bobobox Bandung, Jakarta, atau kota lain, secara fasilitas dan manajemen sudah terstandarisasi.

Berapa Range Biaya?

Kisaran biaya kami sekarang ada di 150-220 ribu rupiah per malam, tergantung weekdays atau weekend serta season.

Peluang Bobobox Sendiri?

Jadi mengingat Indonesia ini kaya dengan keindahan alam yang bisa menjadi destinasi wisata, di mana beberapa bahkan bukan hanya tidak ada akomodasi tapi juga sarana transportasi menuju ke sana juga terbatas. Contohnya seperti di Labuan Bajo atau Dieng. Traveller yang berkunjung ke sana memiliki opsi akomodasi terbatas, dengan hanya bisa tinggal di tenda atau guest house yang kebanyakan belum memiliki acuan standar. Oleh karena itu juga belum banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi tempat-tempat seperti ini. Di sini lah Bobobox mencoba membantu mewujudkan program Kementerian Pariwisata akan 10 Bali Baru dengan menjadi solusi akomodasi. Secara perkembangan juga masih besar karena peluangnya tidak hanya di tempat-tempat wisata tapi juga di pusat-pusat kota. Weekdays kami penuh bussines travellers.

Target ke Depan?

Kami merencanakan membuka hingga 20-24 cabang bobobox yang tersebar di banyak kota dan tempat wisata seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019 ini. Nah kami juga akan mengembangkan fitur-fitur baru di aplikasinya, selain yang sudah ada yang memindahkan seluruh proses booking-check in-check out hanya dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Fitur tambahan pertama yang sudah diimplementasikan adalah fitur chat, di mana sesama traveller bisa berbincang melalui Bobobox untuk berbagi info dan lainnya. Nanti kami ingin juga mengembangkan fitur Near By Location yang akan menjadi semacam tour guide pengguna. Jadi nanti mereka cukup memeriksa smartphone untuk mengetahui informasi destinasi di dekat Bobobox mereka, seperti restoran dan lainnya.

Bobobox dihadirkan sebagai game changer yang fokus pada pasar millenial travelers yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan yang terjangkau. Dengan teknologi yang ada di pods, Bobobox juga menjawab kebutuhan akan ruang, keamanan, dan akomodasi tempat istirahat yang terjangkau. Jika blackpals tertarik untuk menginap di Bobobox, cukup unduh dulu aplikasinya di App Store atau Play Store ya. [Ard/timBX]

Tags :

#
bobobox,
#
antonius bong,
#
hotel kapsul

RELATED ARTICLE