MENU
icon label
image label
blacklogo

Transplantasi Mata Bionik Berhasil, Operasi Hanya 5 Jam Saja

DEC 16, 2015@22:00 WIB | 883 Views

Film fiksi, komik dan berbagai sumber memang telah memberikan ide bagi kita mengenai solusi bagi orang-orang yang kehilangan matanya, yakni dengan mata bionik, walau memang selama ini belum pernah terwujud nyata. Namun baru-baru ini di Colorado, seorang wanita dengan nama Jamie Carley telah menjadi orang pertama di dunia yang memiliki mata bionik.

Hal ini sekaligus membuat Carley mampu melihat anaknya pertama kali yang kini sudah berusia 15 tahun. Carley selama ini mengidap penyakit retinitis pigmentosa dimana sel retina saling membunuh hingga akhirnya menyebabkan ia mengalami kebutaan.

Operasi pemasangan mata bionik ini membutuhkan waktu 5 jam dan mata bionik ini pada dasarnya bertugas untuk menangkap citra yang lalu diproses oleh microchip, merangsang saraf optik, dan mengirimkan informasi visual ke otak. Dr. Naresh Mandava, mengatakan sementara mata bionik ini sudah bekerja walau belum sempurna. Gambar yang ia tangkap masih kasar namun ia setidaknya sudah dapat melihat bentuk. Teknologi ini terbukti berhasil dan akan terus dikembangkan lagi. [leo/timBX]

Tags :

#
transplantasi mata bionik

RELATED ARTICLE