MENU
icon label
image label
blacklogo

The Sky Whale, Konsep Maskapai Mewah Ramah Lingkungan di Masa Depan

SEP 01, 2022@12:00 WIB | 232 Views

Beberapa tahun lalu desainer asal Spanyol, Oscar Vinals, mengungkap desain konsep pesawat AWWA-nya, tetapi kini nampaknya pesawat konsep tersebut makin menarik perhatian. Menurut The Sun, model desain karya Vinals baru-baru ini ditampilkan di sebuah pameran bertema transportasi masa depan, yang diadakan di Pusat Kebudayaan “Sheikh Abdullah Al Salem” di Kuwait.

Mungkin salah satu alasan mengapa konsep pesawat terbang karya Vinals kembali menarik perhatian, karena dalam konsep pesawat futuristik ini, penampilannya cukup "memungkinkan" untuk diproduksi.

Konsep pesawat tersebut bernama The Sky Whale, transportasi raksasa dengan desain yang futuristik yang sudah seharusnya menampilkan segala yang terbaik dalam hal kemewahan, kinerja, dan keberlanjutan.

Memiliki ukuran sekitar 240 kaki (76,8 meter), ukuran panjangnya tidak terlalu jauh berbeda dari pesawat penerbangan jarak jauh yang ada saat ini, seperti Airbus A380-800 dan Boeing 747. The Sky Whale memiliki kecepatan tertinggi 620 mpj (997 kpj) dan ini juga sebanding dengan apa yang bisa dicapai hari ini. Tapi The Sky Whale lebih luas, mampu mengangkut hingga 755 penumpang.

Sky Whale akan dilengkapi dengan empat mesin bahan bakar listrik berukuran besar, dua ditempatkan di sayap, dan dua di bagian ekor, yang mampu beralih dari pembakaran bahan bakar ke penggunaan listrik untuk turbofan, ketika inti mesin dimatikan.

Selain lebih ramah lingkungan, mesin ini juga mampu berputar hingga 45 derajat. Ini akan memungkinkan pesawat raksasa tersebut untuk lepas landas dengan posisi yang hampir vertikal, yang berarti tidak akan terbatas pada jalur bandara yang panjang, seperti pesawat konvensional biasanya.

Mesin hybrid dan semua sistem di dalamnya akan ditenagai oleh energi terbarukan, berkat panel surya yang terintegrasi. The Sky Whale juga akan sangat aman.

Selain sistem fly-by-wire yang mengendalikan penerbangan, arsitektur khusus yang memisahkan sayap dari badan pesawat akan memungkinkan badan pesawat melakukan auto-break/pemisahan secara otomatis, seperti untuk pod penyelamatan diri dalam keadaan darurat. Menurut Vinals, ini bisa membantu menyelamatkan banyak nyawa di situasi yang berbahaya.

Dalam hal kemewahan, Sky Whale pada dasarnya dirancang sebagai hotel terbang yang menawarkan segalanya, mulai dari gym hingga spa, belum lagi pemandangan spektakuler dari jendela atap, yang tentu saja hanya akantersedia untuk penumpang kelas satu.

Desainer digital berkebangsaan Spanyol itu percaya bahwa di masa depan akan ada peningkatan kebutuhan untuk pesawat penumpang yang lebih besar yang dilengkapi dengan teknologi terbaru, jadi ada kemungkinan konsepnya akan menjadi kenyataan suatu hari nanti. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
the sky whale,
#
maskapai,
#
pesawat terbang,
#
konsep

RELATED ARTICLE