MENU
icon label
image label
blacklogo

Swiftmile Sediakan Stasiun Pengisian Daya E-Bike Dan E-Scooter Gratis

OCT 23, 2020@08:30 WIB | 205 Views

Ingin mengisi daya sepeda atau skuter listrik kesayangan Anda menggunakan tenaga surya? Sebuah perusahan start-up Swiftmile mewujudkannya dengan ratusan stasiun pengisian daya baru di Amerika Serikat dan Eropa.

Pendiri Swiftmile, Colin Roche, pertama kali terjun di bidang sepeda listrik setelah memenangkan e-bike Pedego gratis dalam undian beberapa tahun lalu. E-bike baru ini membantu Colin Roche kembali bersepeda sejak cedera lutut membuatnya absen bertahun-tahun sebelumnya.

“Saya menganggap diri saya seorang pengendara sepeda sampai saya berusia sekitar 35 tahun, saat itulah saya menderita arthritis parah di lutut saya karena bertahun-tahun bermain sepak bola. Itulah mengapa ini adalah peristiwa yang sangat menguntungkan bagi saya. Itu benar-benar membuat saya kembali bersepeda dengan bantuan sepeda pedal dan membuka pmata saya tentang betapa mereka bisa mengubah permainan untuk kembali ke sepeda,” cerita Colin ke Bicycle Retailer.

Siapa sangka peristiwa tersebut justru menggiringnya untuk mendirikan stasiun pengisian daya bagi para pengguna sepeda atau skuter elektrik. Ia menemukan diri tenggelam dalam kesenangan mengendarai e-bike dan mulai memikirkan kurangnya infrastruktur pengisian publik.

Perusahaan start-up Swiftmile bergerak untuk membangun stasiun pengisian bertenaga surya yang dapat digunakan pengendara secara gratis untuk mengisi daya sepeda atau skuter listrik. Stasiun ini dibangun secara lokal di Amerika Serikat, serta menggunakan beberapa model bisnis untuk membuat konsep berhasil.

Stasiun pengisian terbuka secara gratis dengan perusahaan mendapatkan laba dari papan iklan digital di stasiun tersebut. Kota dapat memasangnya secara gratis dan hanya perlu menyediakan akses insfrastruktur, dan sisanya ditangani oleh Swiftmile. Sejumlah kota yang sudah mengoperasikan stasiun Swiftmile diantaranya Austin, Phoenix, San Fransisco, Tampa dan Washington D.C.

Perusahaan sepeda elektrik maupun skuter juga dapat membeli stasiun pengisian daya ini. Nantinya stasiun itu akan memberi tagihan hanya untuk model kendaraan dari perusahaannya.

Menurut Colin, sasarannya adalah menjadikan pengisian berkelanjutan ini sebagai win-win solution, untuk pengguna, daerah, dan perusahaan.

“Program kami dengan kota-kota tidak mengharuskan mereka membayar apapun. Kami hanya membutuhkan akses ke sumber daya dan lokasi yang baik bagi kami untuk menempatkan sistem dengan layar digital. Itu adalah kunci untuk membuat ini berhasil, berhasil, berhasil, untuk semua orang,” jelas Colin.

“Kota-kota mendapatkannya secara gratis, iklan membayar sistem, dan pengendara dapat menggunakannya secara gratis.”

Perusahaan ini pun mulai menunjukkan taringnya setelah berhasil mengumpulkan tambahan dana dari investor senilai $5 juta dolar AS. Ini akan membantu pertumbuhan Swiftmile yang saat ini memiliki 200 stasiun pengisian daya. Sebuah inovasi yang menarik, yaa… [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
swiftmile,
#
stasiun pengisian daya e-bike,
#
pengisian daya e-bike,
#
sepeda listrik,
#
skuter listrik