MENU
icon label
image label
blacklogo

Sekarang Drone Bisa Dikendalikan Dengan Pandangan Mata

SEP 27, 2018@09:00 WIB | 554 Views

(Drone menjadi semakin populer dengan segudang fiturnya)

Perkembangan drone akhir-akhir ini menjadi semakin pesat. Berbagai inovasi pada pesawat tanpa awak ini tidak jarang membuat orang berdecak kagum. Tidak sedikit pula yang menggelengkan kepala karena tidak kepikiran akan menemui inovasi semacam itu. Misalnya, drone dapat dikendalikan dengan gerakan tubuh, atau drone amfibi yang bahkan bisa menyelam.

Kali ini, sebuah inovasi terkait drone kembali hadir. Masih berhubungan dengan cara mengendalikan sebuah drone, sekelompok peneliti dari Universitas New York membuat sebuah metode yang mampu mengendalikan drone dengan pandangan mata.

(Titik merah menunjukkan arah yang dilihat oleh penggunanya)

Cara pengendalian ini merupakan metode pertama dan terunik yang pernah dibuat dalam sejarah drone. Untuk dapat melakukan fungsi tersebut, dibutuhkan sepasang kacamata khusus. Nantinya kacamata ini akan mendeteksi ke arah mana penggunanya memandang dan sejauh apa posisi drone tersebut.

“Para pengunan nantinya dapat mengontrol drone hanya dengan mengarahkan pandanga ke lokasi tertentu,” ujar Dr. Giuseppe Loianno, asisten profesor di Universitas New York, sekaligus juga Direktur Agile Robotics and Perception Lab.

(Meski kamera tidak mengarah ke drone, metode ini tetap bisa berfungsi)

Konsep yang dimiliki metode ini sebenarnya sederhana. Diperlukan sebuah drone, sebuah unit komputer mini dan sepasang Tobii Pro Glasses 2. Nantinya, pendeteksi pandangan mata ini dibekali dengan sebuah inertial measurement unit (IMU) atau unit pengukuran inersial dan sebuah kamera HD. Tentunya para peneliti tersebut menggunakan teknologi pembelajaran neural dan data orientasi kepala dari IMU.

Penelitian ini bertujuan agar siapa saja dapat menerbangkan drone dengan aman. Pasalnya, hingga saat ini tidak semua orang bisa menerbangkan drone. Diperlukan lisensi khusus untuk menjadi seorang pilot drone resmi. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
drone,
#
control,
#
eye control