MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Ini Tidak Menggunakan Mesin untuk Bergerak

MAY 17, 2018@09:00 WIB | 815 Views

(Konsep robot yang mampu bergerak dengan mengandalkan suhu)

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata robot? Tentunya, Anda langsung membayangkan sebuah benda dengan banyak kabel, mesin penggerak, sumber tenaga listrik dan program yang rumit. Memang tidak salah, namun konsep tersebut tidak berlaku untuk robot satu ini.

(Robot ini dapat bergerak meski tanpa menggunakan mesin)

Sekelompok peneliti dari Jerman mengembangkan sebuah robot yang ditenagai sebuah material yang dapat berubah bentuk. Hal ini memungkinkan robot yang dapat berenang ini mampu bergerak tanpa menggunakan mesin. Sumber penggeraknya berasal dari suhu yang mengubah bentuk material pembuat robot ini.

(Lembaran polimer menjadi sumber penggerak robot ini)

Seluruh robot ini dibangun dari bahan polimer yang akan bereaksi terhadap perubahan suhu. Jika bertemu dengan suhu dingin, polimer ini akan mengkerut, dan akan memanjang jika terkena panas. Tim peneliti tersebut meletakkan beberapa lembaran polimer jenis ini ke dalam tubuh robot tersebut.

(Materialnya berubah bentuk ketika terkena suhu panas)

Lembaran inilah yang nantinya akan memicu gerakan robot untuk berenang. Ketika terkena panas, lembaran polimer ini akan memanjang dan menggerakkan robot untuk maju. Menariknya, robot ini dapat bergerak maju dan mundur dengan mengandalkan perbedaan ketebalan lembaran polimer. Semakin tebal lembaran tersebut, maka waktu yang dibutuhkan untuk memanjang akan semakin lama.

(Uji coba robot dengan teknologi polimer yang peka terhadap suhu)

Dalam sebuah percobaan, sebuah robot dengan dua dayung dengan capit di bagian depannya. Dengan perbedaan lembaran polimer, membuat robot ini dapat maju dan melepaskan bawaannya, kemudian kembali ke tempat semula dengan satu gerakan mundur.
 
Sampai saat ini, tim peneliti masih menghadapi kendala dalam mengembangkan robot tersebut. Pasalnya, pemicu gerakan robot ini hanya aktif sekali. Untuk dapat digunakan lagi, pemicunya mesti didinginkan terlebih dahulu. Ke depannya, robot ini diharapkan dapat bereaksi terhadap kadar keasaman dan kadar garam dalam air. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
robot,
#
inovasi