MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Basketball Player yang Punya Akurasi Lemparan Sempurna

APR 09, 2019@11:55 WIB | 623 Views

Teknologi terus melaju dan berkembang. Banyak teknologi-teknologi canggih yang diciptakan, tak terkecuali dengan robot-robot yang mulai dibuat dengan berbagai keahlian. Salah satunya adalah CUE3 yang dibuat oleh Toyota.

CUE 3 adalah robot humanoid yang digarap oleh Toyota Engineering Society dan mampu melakukan lemparan tiga angka di permainan basket dengan akurasi hampir 100 persen.

Dilansir dari Ubergizmo.com, robot ini mampu membuat perhitungan lewat gambar tiga dimensi untuk mengetahui di mana letak keranjang berada. Ia kemudian menggunakan sensor dan menyesuaikan motor di dalam lengan dan lututnya untuk melakukan pemotretan dengan sudut dan akurasi yang tepat.

Profesor di Universitas Stanford, Oussama Khatib mengatakan bahwa robot ini mampu menunjukkan aktivitas kompleks yang melibatkan penggunaan sensor dan perhitungan cepat secara real-time. Dia merujuk ini sebagai feedback visual. Robot membutuhkan sistem penglihatan yang baik untuk menembak ke lingkatan, karena harus menghitung jalur bola dan kemudian melakukan tembakan.

“Apa yang dilakukan Toyota di sini benar-benar membawa kemampuan teratas dalam persepsi dengan kemampuan teratas dalam kendali untuk membuat robot melakukan sesuatu yang benar-benar menantang,” ujar Khatib.

Tak perlu khawatir robot ini akan mengambil alih posisi pemain favorit Anda. Sebab robot ini baru hanya bisa melakukan lemparan dan belum bisa bergerak atau melakukan dribbling seperti layaknya pemain basket sungguhan. Namun untuk beberapa tahun lagi, siapa tahu?! [Hlm/timBX]

Tags :

#
robot,
#
robot pemain basket,
#
toyota,
#
robot toyota