MENU
icon label
image label
blacklogo

Revolusi Digital Dunia Pancing

APR 02, 2019@09:52 WIB | 755 Views

Tujuh tahun yang lalu sudah terdengar isu tentang Smartrod yang dilengkapi detektor gerak, yang dapat membunyikan alarm ketika seekor ikan memikat umpan. Nah sekarang hal itu kembali ke radar dengan adanya sebuah teknologi di mana kumparan tempat benang pancing tergulung (reel) memperingatkan pemancing melalui smartphone mereka.

Dikenal sebagai Smart Connect, gulungan baru ini adalah penciptaan nelayan yang berbasis di Kansas, Ed Hope. Produk itu sendiri sedang dipasarkan melalui perusahaannya, Tackobox, dan kabarnya dapat bekerja dengan batang pancing apapun. Cara kerjanya adalah pemancing akan menggunakannya saat memancing dan melempar umpan ke dalam air, setelah itu mereka akan membiarkan peralatan tersebut bekerja. Sang pemancing hanya perlu duduk menunggu notifikasi di smartphone apabila umpan sudah mengenai ikan.

Sejauh spesifikasi dasar yang terlihat, reel ini memiliki spul aluminium, bodi komposit ringan, mekanisme anti reverse lima tingkat, dan rasio gigi 4,7: 1. Namun, ia juga memiliki modul belakang yang dapat dilepas yang berisi sensor yang mendeteksi getaran gigitan ikan di batang pancing. Modul itu juga memiliki unit Bluetooth dan baterai isi ulang USB - satu kali pengisian daya hingga penuh diklaim bisa dipakai untuk penggunaan selama 40 jam.

Ketika ikan memakan umpan, gulungan Smart Connect merespon dengan mengirimkan sinyal Bluetooth ke ponsel cerdas Apple atau Android pengguna. Aplikasi gratis di telepon itu memberi tahu mereka melalui pilihan alarm yang dapat didengar, tampilan layar yang berkedip, atau dengan bergetar.

Aplikasi itu juga memungkinkan pengguna merekam koordinat GPS tangkapan, ditambah lagi dapat dipasangkan dengan produk pencahayaan LED Bluetooth seperti lentera perkemahan, yang akan menyala untuk memberi tahu pengguna bahwa seekor ikan telah memakan umpan. Satu smartphone dapat memonitor hingga empat reel Smart Connect secara bersamaan.

Unit sensor reel secara otomatis menjadi nonaktif setelah pemancing mulai menggunakan gulungan untuk menarik benang pancing. Fitur ini dibuat agar aplikasi tersebut tdak terus memberikan peringatan tambahan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh pergerakan ikan saat sedang ditarik pemancing. Namun, begitu ikan telah tertangkap, menekan tombol pada reel akan mengaktifkan sensornya kembali.

Sementara ini Tackobox Gold Series Smart Connect reel hanya tersedia secara langsung di toko-toko Walmart Amerika Utara. Namun jika blackpals berminat bisa memesan langsung melalui situs web perusahaan dengan banderol 119 dolar.

Tags :

#
smart connect,
#
pemancing,
#
hobi mancing

RELATED ARTICLE