MENU
icon label
image label
blacklogo

Restoran Berpelayan Robot Pertama Dunia Resmi Dibuka di Cina Selatan

JUN 26, 2020@13:00 WIB | 615 Views

Apakah ini penanda tata dunia baru semakin mendekati kenyataan dengan dibukanya restoran yang dioperasikan oleh robot?. Belum pasti, tetapi faktanya, pada Senin, 22 Juni 2020, Robotics Restaurant di Distrik Shunde, Provinsi Guangdong, Cina Selatan secara resmi dibuka. Ada lebih 40 robot pramusaji yang mampu memproduksi hampir 2.000 hidangan dari beberapa menu untuk pelanggan.

Robotics Restaurant di atas area seluas sekira 2.000 meter persegi ini mampu melayani tidak kurang dari 600 orang secara bersamaan. Spektakuler! Bisa kita bayangkan, butuh berapa orang pelayan di restaurant konvensional jika dalam waktu bersamaan ada 600 orang yang harus dilayani. Tetapi di Robotics Restaurant ini menjadi mungkin terjadi.

Dilansir dari CGTN, di Robotics Restaurant ini menyajikan menu makanan khas Cina, seperti HotPot (makanan serba rebus), dan makanan cepat saji. Menu-menu masakan Shunde Guangdong ini memungkinkan sebuah robot memasaknya dan mengantarkannya kepada pengunjung yang telah memesan.

Senin itu, pembukaan Robotics Restaurant, menarik perhatian banyak orang. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke restaurang yang serba dilayani robot tersebut. Mulai dari penjaga di pintu masuk yang menyapa pengunjung, kemudian tatacara memesan kursi, memesan makanan, dan menerama pesanan di meja.

Salah seorang pengunjung bermarga Chen yang hadir Senin itu mengatakan kepada jurnalis TheStar, "Koki robot benar-benar bisa bersaing dengan koki terkenal Shunde, yang dikenal dengan hidangan lezat di seluruh kota bahkan mancanegara.”

Seorang koki masakan lokal Shunde bermarga Ma Huiliang memberi nilai 90 dari 100 poin untuk sayuran goreng hasil masakan Robot Pramusaji. Kendati demikian, ia sama sekali tidak khawatir jika di masa depan, peran manusia sebagai koki bakal digantikan oleh robot.

"Sebaliknya, ini kesempatan yang membebaskan bagi koki ketika robot bisa memasak. Di mana Koki bisa memfokuskan diri untuk inovasi dan penelitian bagi makanan baru agar lebih mewarisi dan mengembangkan masakan Cina saat robot bisa memasak." Cetus Ma.

Assistant President of Country Garden Group, Qiu Mi, sebagai pengelola restoran mengatakan bahwa, restoran tersebut sekarang memiliki 46 jenis robot yang mampu melakukan hampir semua pekerjaan restoran. Mulai menyambut tamu, memasak, mencampur anggur, membuat makanan penutup, mengantar makanan ke meja, dll.

“Semua pengunjung dapat melihat bagaimana makanan mereka dimasak oleh robot di dapur, yang dipisahkan oleh dinding kaca transparan dari ruang makan. Restoran ini menggabungkan teknologi baru dan tinggi dengan masakan tradisional Cina.” kata Qiu. [asl/timBX]

Tags :

#
restoran robot,
#
robotics restaurant,
#
robot pramusaji,
#
restoran robot cina

RELATED ARTICLE