MENU
icon label
image label
blacklogo

RacerAI Drone Berbasis AI yang Bisa Terbang Sendiri Kini Dilombakan di Ohio

OCT 23, 2019@09:00 WIB | 530 Views

Kelas balap drone dunia yang dikenal Drone Racing League, memperkenalkan sebuah kelas yang sepenuhnya digerakkan oleh A.I.  Hal itu dibuktikan  balap drone profesional, Drone Racing League (DRL), yang telah melepaskan drone balap otonom pertamanya. 

RacerAI, drone baru yang inovatif yang mampu terbang sendiri, tanpa campur tangan manusia untuk menerbangkannya. Bentuknya seperti pesawat siluman dengan bentuk ikan pari, atau sebuah ujung panah.

RacerAI dibangun untuk kecepatan dan ditenagai oleh platform NVIDIA Jetson AGX Xavier, yang mampu menghasilkan daya dorong 20 pound, dan yang lebih membanggakan karena disematkan empat kamera stereoskopik onboard. 

Hal itu tentu saja memberikan kemampuan untuk mendeteksi dan mampu mengidentifikasi objek dengan dua kali dari bidang pandang pilot manusia.

"DRL RacerAI menjadi tonggak utama bagi Drone Racing League dan sekaligus menjadi masa depan sports," kata Nicholas Horbaczewsk CEO dan founder DRL dalam sebuah pernyataan. 

"A.I. disatu sisi telah mengalahkan manusia di hampir setiap permainan digital, tetapi belum bisa mendekati kemampuan manusia dalam olahraga yang nyata," lanjutnya. 

DRL RacerAI memulai debutnya hari ini ketika Drone Racing League Artificial Intelligence Robotic Racing (AIRR) pertamanya di Addition Financial Arena di Orlando. Disiapkan empat balapan yang akan mengadu sembilan drone DRL RacerAI yang identik secara fisik. 

Yang membedakan drone adalah algoritma kecerdasan buatan yang mengontrol masing-masing. Ini dikembangkan oleh tim terpisah dari programer (manusia) Lockheed Martin AlphaPilot Challenge. Drone otonom dapat mencatat waktu tercepat - dicapai dengan GPS, data relay atau intervensi manusia - kemudian akan berhadapan langsung dengan pilot 2019 DRL Allianz World Champion untuk saling beradu siapa yang tercepat. 

Meskipun balap drone masih merupakan olahraga yang relatif niche, namun ini adalah pekerjaan yang menarik. Drone otonom yang lebih baik akan membantu membuat hal-hal seperti pengiriman drone dan aplikasi serupa lainnya yang lebih menarik. [Ahs/timBX]

Tags :

#
racerai,
#
drone balap,
#
drone balap otonom,
#
drone racing league,
#
artificial intelligence robotic racing