MENU
icon label
image label
blacklogo

Puma Beatbot, Robot Pelari Dengan Kecepatan 44 Km/Jam

MAY 04, 2016@09:00 WIB | 1,189 Views

Selain memproduksi peralatan olahraga, kini Puma telah menciptakan sebuah robot bernama Beatbot. Beatbot dapat membantu atlet lari dalam berlatih dengan menjadi lawannya sehingga menghasilkan catatan waktu tercepat. Pelari tersebut dapat mengatur jarak lari dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan jarak tempuh pada beatbot.

Dari segi desain, Puma Beatbot menugusung bentuk kotak persegi panjang beroda empat dengan komputer di dalamnya sebagai pusat kendali. Melalui program yang ditanamkan pada Beatbot, robot ini dapat menjadi lawan tanding yang tangguh bagi para pelari. Beatbot bergerak lurus dengan memindai garis jalan yang akan dideteksi oleh sensor seperti mata manusia.

Setara dengan atlet lari dunia seperti Usain Bolt, Beatbot bisa berlari dengan kecepatan maksimal hingga 44 km/jam. Untuk merekam jejak lari pengguna, robot ini dilengkapi kamera GoPro pada bagian depan dan belakangnya. Agar dapat berlari lebih cepat, data yang direkam Beatbot nantinya bisa menjadi bahan analisis untuk pelari tersebut.

Untuk saat ini, Puma Beatbot sementara ini tidak akan dijual secara bebas. Sayangnya, Beatbot hanya tersedia untuk para atlet lari dan tim olahraga lain yang disponsori oleh Puma. Kemungkinan hal ini dikarenakan harga yang dibanderol bisa sangat mahal sehingga tidak ditujukan untuk konsumen umum. Belum ada informasi lebih lanjut dari Puma apakah Beatbot akan diproduksi secara masal. [Don/timBX]

Tags :

#
puma beatbot,
#
robot,
#
robot pelari