MENU
icon label
image label
blacklogo

Plan Bee, Drone Unik yang Memiliki Fungsi Layaknya Lebah

NOV 19, 2018@15:10 WIB | 217 Views

Lebah tidak hanya memiliki manfaat dari madu yang dihasilkannya, namun lebih dari itu juga membantu memberikan serbuk pada tanaman. Kemampuan dari lebah inilah yang menginspirasi seorang siswa di Sekolah Tinggi Seni dan Desain Savannah di Georgia untuk menciptakan sebuah inovasi teknologi.

Dikutip dari Ubergizmo.com, siswa bernama Anna Haldewang ini menciptakan sebuah pesawat tanpa awak bernama Plan Bee. Pesawat tanpa awak alias drone ini dirancang untuk meniru fungsi lebah, yakni membantu penyerbukan tanaman secara silang.

Plan Bee menyimpan serbuk sari di dalam rongga tubuhnya dan ketika mencapai bunga yang dituju, ia akan langsung melepaskannya untuk membantu proses penyerbukan bunga.

Anna mengatakan bahwa ia telah membongkar pasang sekitar 50 desain drone, hingga akhirnya bentuk seperti sekarang yang digunakan. Desain dari Plan Bee ini ternyata memiliki filosofi tersendiri.

“Ketika Anda membalikannya, (drone) itu akan terlihat seperti bunga,” jelas Anna.

Sampai saat ini belum ada rencana untuk memproduksi Plan Bee secara masal, dikarenakan drone ini masih dalam tahap pengembangan. Namun Anna mengatakan bahwa ia memiliki rencana untuk merilis Plan Bee ke publik sekitar dua tahun mendatang. [Hlm/timBX]

Tags :

#
plan bee,
#
drone