MENU
icon label
image label
blacklogo

Perpendek Jarak Antara Digital dan Realitas

APR 12, 2018@09:00 WIB | 293 Views

Pernahkah Anda membayangkan untuk mendapatkan sensasi nyata ketika menggunakan perangkat virtual reality? Misalnya, ketika memegang sesuatu atau memainkan sesuatu di perangkat tersebut? Nah, inovasi tersebut sudah bisa dilakukan oleh Leap Motion, sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Namun bukan itu yang akan dibahas, melainkan inovasi baru Leap Motion yang digadang-gadang akan semakin mengaburkan batas antara digital dan realita.

Diberi nama Project North Star, perangkat ini berfungsi untuk memberikan pengalaman baru ber-Augmented Reality kepada penggunanya. Berbentuk sebuah headset, perangkat ini antinya akan digunakan bersamaan dengan sensor buatan Leap Motion. Berbekal sensor tersebut, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan tampilan Augmented Reality.

Headsetnya dibekali dengan dua layar LCD berukuran 3,5 inci dan masing-masing punya resolusi 1600 x 1440 piksel. Perangkat ini mendukung sudut gambar selebar 90 x 75 derajat. Sementara sensor Leap Motionnya punya sudut 180 derajat. Menariknya, dengan spesifikasi dan fungsi secanggih ini, perangkat ini diklaim dapat dibuat dengan biaya kurang dari Rp 1,5 juta.

Sejauh ini, Project North Star masih berupa purwarupa dan akan terus dikembangkan agar semakin sempurna. Apabila Project North Star ini terwujud dan dipasarkan secara luas, bisa jadi penggunaan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality akan maju beberapa langkah sekaligus. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
leap motion,
#
ar