MENU
icon label
image label
blacklogo

Perhiasan Tak Lagi Jadi Sekadar Hiasan

APR 15, 2018@15:00 WIB | 328 Views


Tindak kriminal bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Nah, tindak pencegahan dari berbagai tindak kriminal inilah yang harus dilakukan oleh setiap orang. Minimal, ada perangkat yang bisa memberi tahu orang lain apabila seseorang mengalami tindakan kriminal.

Smart Jewelry Bracelet namanya. Sebuah perhiasan berbentuk gelang yang akan beraksi mengirim sinyal bahaya jika pemiliknya diserang orang lain. Pada prinsipnya, gelang ini akan mendeteksi gerakan yang tidak terduga dan mendadak yang mengindikasikan ada sesuatu yang buruk sedang terjadi.

“Sensor dalam gelang ini akan merekam aktivitas dan tanda-tanda vital penggunanya. Bahkan, gelang ini dapat menentukan orientasi penggunanya, apakah sedang duduk, berdiri atau berbaring. Mesin dalam gelang ini akan mempelajari algoritma gerakan pemiliknya, sehingga bila terjadi gerakan yang tidak biasa dan mendadak, mesin ini akan mengindikasikan terjadinya sebuah serangan,” kata Jayun Patel, tokoh dibalik terciptanya perangkat ini.

Gelang pintar ini dibekali dengan sensor gyroskop, akselerometer, sensor suhu dan tekanan, GPS dan mikrofon. Ketika sebuah gerakan tak biasa terdeteksi, alat ini akan mengeluarkan suara keras dengan kedipan lampu LED untuk memberitahu orang sekitar. Selain itu, alat ini bisa dihubungkan ke ponsel penggunanya melalui koneksi Bluetooth dan akan langsung mengirim pesan dan lokasi GPS ke polisi dan kerabat dekat penggunanya.

Alat ini masih terus dikembangkan oleh Patel. Ke depannya teknologi ini akan diterapkan ke perangkat lainnya dan akan mampu mendeteksi kondisi pengguna, misalnya jatuh pingsan dan sebagainya. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
smart jewelry