MENU
icon label
image label
blacklogo

One Kind Block, Modular Hidroponik untuk Apartemen

DEC 15, 2020@16:00 WIB | 185 Views

Buat penggemar tanaman, kini hadir unit hidroponik mirip LEGO untuk yang pertama di dunia yang dirancang untuk menyuburkan kota. Dirancang untuk menyuburkan kota karena 60% dari penduduk dunia tinggal di kota. Hampir 100% apartemen di perkotaan tidak dirancang untuk lahan pertanian.

Visi dari pembuatan ini semua adalah gerakan untuk membuat kota lebih hijau. Di mana kini, sebuah paten yang menunggu keputusan One Kind Block adalah sistem hidroponik modular mirip LEGO pertama di dunia yang dirancang untuk beradaptasi dengan apartemen mana pun.

One Kind Block adalah platform pertanian perkotaan yang serius dalam mewujudkan visi dan misinya. Bentuk unik OKB sangat mungkin digantung di bagian mana saja dari rumah. Bisa di jendela, panggangan, balkon, dinding, dan gerbang. Tidak memakan tempat atau lorong kondominium, jadi jangan khawatir, tetangga tidak akan mengeluh.

OKB menggunakan metode Kratky dan dirancang untuk pemula hingga ahli. Ini akan membantu petani perkotaan baru, mendapatkan kepercayaan diri dalam memulai bercocok tanam. The One Kind Block juga sangat bagus untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Stiker Ubin Peranakan Gratis

Pemberi dana early bird akan mendapatkan stiker Ubin Peranakan secara gratis. Semakin banyak dana, semakin banyak pilihan desain yang dapat dimiliki.

Seberapa banyak bisa tumbuh?

Dari hasil percobaan, dinding berukuran 2x1m dapat memenuhi satu keluarga dengan 2 kebutuhan sayuran selama sebulan. Artinya sayuran berdaun seperti bayam, kang kong, selada, bok choy dll akan menghasilkan panen sekitar 6-10kg.

Bagaimana cara kerja One Kind Block?

Nah, One Kind Block sebenarnya adalah sistem pertanian perkotaan plug & play. Jadi, supaya segera menikmati hasil maka segera beli benih dan larutan hidroponik dari pembibitan atau online, lalu mulailah menanam.

Untuk windows atau grills, gunakan zipties yang disediakan di set One Kind Block Anda. Untuk dinding, dapat menggunakan kait dinding berperekat (yang menopang 3-5kg), paku atau hanya selotip biasa. Semua blok terhubung, jadi yang harus dilakukan adalah mengisi satu untuk mengisi sisanya. Beginilah cara kerjanya pada prototipe pertama.

Bagaimana OKB dibandingkan dengan sistem hidroponik lainnya?

Mengembangkan Ekosistem OKB

Pembuat sistem ini mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan blok sudut yang memberi lebih banyak fleksibilitas kepada penanamnya.

Selain itu juga mengembangkan pompa tenaga surya untuk memastikan air bersirkulasi sepanjang OKB sehingga dapat membuat tanaman tumbuh lebih sehat dan lebih cepat. Diberi lampu LED, sehingga memungkinkan dapat tumbuh di dalam ruangan.

Prototipe One Kind Block tahun 2016 yang dibuat menggunakan pipa dan tabung PVC dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bahkan menggunakan pompa tangki ikan kecil dan memasang IOT untuk memantau tingkat nutrisi, dan itu terlalu rumit.

Logistik

Pembuatan One Kind Block dilakukan di Singapura, jadi tentu saja itu dibuat dengan standar tertinggi, dan bakal diproduksi dengan semua perkakas dan proses manufaktur yang sudah siap. Setelah pendanaan berhasil, produksi batch pertama dimulai dan siap mengirimkan pesanan kepada pembeli.

Mendapatkan Bibit, dan Solusi Hidroponik

Benih, bibit, dan larutan hidroponik dapat dengan mudah dibeli secara online di negara masing-masing. Ikuti saja petunjuk pada label dan semuanya kan baik-baik saja. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
one kind block,
#
modular hidroponik,
#
inovasi teknolofi,
#
inovasi tanaman

RELATED ARTICLE