MENU
icon label
image label
blacklogo

Jetpack SkyPak Berhasil Terbang, Berbobot 36 kg Dengan 12 Motor dan 6 Pasang Baling-Baling

APR 05, 2022@21:00 WIB | 357 Views

Dibuat di Poplar, Wisconsin, jetpack SkyPak adalah gagasan Daniel Gant, seorang penggemar teknologi penerbangan yang telah membangun model pesawat sejak ia berusia 13 tahun.Purwarupa bukti konsep dari mesin terbang terbarunya, baru-baru ini terungkap.

Passion Gant untuk dunia kedirgantaraan telah mengilhaminya untuk mendapatkan lisensi pilot pribadi. Setelah bekerja untuk beberapa perusahaan di bidang penerbangan, ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri dengan nama Ascend Dynamics. Produk pertama yang dihadirkan oleh Ascend Dynamics adalah SkyPak.

SkyPak sendiri mulai dikembangkan pada tahun 2020 tetapi butuh waktu 2 tahun bagi Gant untuk dapat membuat purwarupa SkyPak. Purwarupa ini disebut SkyPak V1 dan belum menggunakan pilot manusia dalam pengujian prototype ini.

Jetpack ini pada dasarnya adalah pesawat eVTOL dengan berat 36 kg, dengan panjang 116 cm, lebar 89 cm, dan ketebalan 22,8 cm. Jetpack ini sendiri terbuat dari bingkai alumunium yang dilas.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan sejauh ini, SkyPak hanya dapat bertahan di udara selama dua menit dengan baterai 50V/36,4 Ah. SkyPak menggunakan 12 motor DC brushless dengan daya masing-masing 7 kW, yang berarti output daya total 84 kW (112 hp). Jetpack ini juga dilengkapi dengan enam pasang baling-baling kontra-rotasi.

Ascend Dynamics mengatakan SkyPak bisa digunakan untuk apa saja, baik itu dalam pencarian dan penyelamatan, penegakan hukum, pemadam kebakaran, militer, pemeliharaan turbin angin, pemeliharaan menara komunikasi, dan banyak lagi. Jetpack ini diklaim dapat menjangkau area yang biasanya tidak dapat diakses, memiliki bidang pandang yang jelas, dan dapat berinteraksi dengan objek saat dalam penerbangan.

Gant sendiri saat ini sedang mengumpulkan dana untuk meluncurkan prototype V2 dari SkyPak, yang akan lebih berat dari V1, dengan bobot 45 kg, namun dengan kapasitas muatan hingga 90 kg. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
jetpack,
#
skypak