MENU
icon label
image label
blacklogo

Jet Shark, Perahu Canggih Berbentuk Hiu yang Bisa Menyelam

FEB 15, 2023@15:00 WIB | 5,242 Views

Ingat kapal selam berbentuk ikan hiu yang diciptakan oleh Profesor Calculus untuk membantu TinTin dan Kapten Haddock mencari harta karun Rachkam Merah? Ya, sekarang teknologi serupa sudah hadir.

Walaupun bukan kapal selam seutuhnya namun Jet Shark, nama perahu itu, bisa melaju diatas dan bawah permukaan air. Perahu prototipe itu memiliki kecepatan maksimal 45mph (72kph), tetapi pembuatnya mengatakan versi pasar akan mendekati kecepatan 55mph (89kph).

Jet Shark dibuat oleh Rob Innes,dan  diperkirakan akan dijual seharga antara 200.000 dolar AS (Rp3 miliar dan 300.000 dolar AS  (Rp4,5 miliar) saat diluncurkan.

Ikan Hiu Besi ini ditenagai oleh mesin bensin 420hp, tetapi penemu mengatakan model masa depan akan dilengkapi dengan mesin bensin 600hp, mesin diesel, atau motor listrik. Hany dapat menyelam sekitar lima kaki (1,5 m) di bawah air dan selama itu, pod yang berisi snorkel dan kamera akan tetap menonjol di atas air.

Jet Shark memiliki panjang 20 kaki (6m) dengan kapasitas penumpang empat orang, namun kedepannya Rob akan meningkatkan ukurannya untuk enam orang.

Jet Shark dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan, salah satunya akan membuat perahu kembali ke permukaan jika kehilangan daya saat menyelam. Ini  berarti bahwa jika seluruh kapal terendam, ia masih akan mengapung dan kembali ke posisi semula.

Kamera, sensor, dan sistem LiDAR yang dipasang membantu pengemudi tetap waspada terhadap sekitarnya saat menyelam. Penumpang Jet Shark Q Model duduk di dalam kokpit yang tahan air dan terkendali iklim dengan jendela panorama.

Semua fungsi di dalam kapal dapat dikontrol menggunakan layar sentuh ganda di depan kedua kursi depan, memungkinkan kedua penumpang mengontrol perahu semi-submersible. Dua panel penyelaman besar yang dikendalikan oleh sistem elektro-hidrolik akan mendorong Jet Shark ke bawah saat diaktifkan.

Kedalaman dan arah juga dapat dikendalikan oleh dorongan jet dan elevator belakang. Jet Shark dapat dioperasikan dengan dua pintu sayap burung terbuka saat sedang meluncur di permukaan air pada hari yang cerah.

"Tujuan dengan Jet Shark adalah untuk menawarkan pengalaman unik menyelam di bawah permukaan air namun dalam kapal yang lebih luas, ramah pengguna, dan praktis. Kami ingin menawarkan pelanggan kegembiraan dari Seabreachers yang sangat lincah tetapi dalam kapal yang lebih nyaman, praktis, dan dapat diandalkan," kata Innes, seperti dikutip Daily Mail.[wic/timBX].

Tags :

#
jet shark

RELATED ARTICLE