MENU
icon label
image label
blacklogo

Interurban Vehicle, Konsep Mobil Hybrid Yang Utamakan Kenyamanan dan Daya Jangkau Luas

MAR 21, 2022@20:00 WIB | 496 Views

Deutsche Luft und Raumfahrt (DLR), sebuah lembaga antariksa dan penerbangan Jerman, saat ini sedang mengembangkan konsep kendaraan plug-in hybrid yang disebut Interurban Vehicle (IUV). Kendaraan hybrid ini menggabungkan teknologi mengemudi otomatis serta ramah lingkungan.

DLR dikenal karena karya inovatifnya terkait dengan teknologi penerbangan, termasuk berbagai cara untuk memangkas emisi penerbangan. Selain mengembangkan teknologi penerbangan, DLR juga mengelola proyek skala besar yang disebut Next Generation Car (NGC), di mana 20 lembaga bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan roda empat yang efisien.

Proyek ini berfokus pada tiga konsep utama: UMV (Urban Modular Vehicle), digambarkan sebagai "mobil perkotaan modular untuk penggunaan pribadi dan komersial", SLRV (Safe Light Regional Vehicle), mobil antar-jemput untuk berbagi perjalanan, dan IUV.

IUV diklaim memiliki daya jangkau hingga 1.000 km dan mampu berakselerasi hingga 180 kpj, berkat kombinasi antara baterai 48 kWh, sel bahan bakar dengan output 45 kW, dan tangki tekanan hidrogen 700-bar. Kendaraan dengan panjang 5 meter dan lebar 2 meter ini menempatkan sel bahan bakar di depan. Selain itu, kendaraan ini bisa menampung 7,5 kg hidrogen di dalam tangki yang ditempatkan di bagian bawah bodi mobil.

Karena konsep kendaraan tanpa emisi ini dimaksudkan untuk berkendara jarak jauh, tingkat kenyamanan yang tinggi bagi pengemudi dan penumpang juga jadi perhatian DLR. Menurut DLR, otomatisasi tingkat tinggi (Level 4) “dapat mengurangi kelelahan pada pengemudi secara signifikan, terutama dalam perjalanan jauh”.

Alih-alih kontrol dasbor pusat, IUV membawa konsep AC yang memungkinkan setiap penumpang untuk menyesuaikannya sesuai keinginan mereka. Tidak mengherankan, konsep ini terinspirasi dari AC yang ditemukan di pesawat terbang.

Kendaraan hybrid lima tempat duduk ini juga akan menggunakan komponen inovatif untuk meningkatkan ketahanan sekaligus menjaga kendaraan agar tetap ringan. Proses pengisian bahan bakar hidrogen tidak akan memakan waktu lebih dan baterai dapat diisi secara terpisah. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
interurban vehicle,
#
dlr,
#
plug-in hybrid

RELATED ARTICLE