MENU
icon label
image label
blacklogo

Feelreal VR Integrasikan Pengalaman Virtual Anda dengan Aroma Virtual yang Senada

DEC 31, 2018@18:00 WIB | 704 Views

Apakah Anda sudah mengkoleksi salah satu dari headset VR yang ada seperti Oculus Rift and Go, Samsung Gear VR, HTC Vive dan Playstation VR. Semua permainan telah memberikan Anda pengalaman berpetualang di dunia mixed reality, apakah itu cukup? Tentu Black Pals sendiri yang merasakan, kadang sebuah pengalaman berkendara dengan VR tidak dibarengi dengan pengalaman indera penciuman saat terjadi kebakaran mesin pada mobil balap yang Anda tunggangi. Atau terpaan angin, hujan, panas saat cuaca di dunia mixed reality yang tiba-tiba berubah.

Untuk mewujudkan hal itu, Anda akan dibantu dengan menggunakan FeelReal VR Mask, yang tidak hanya mengharumkan aroma tertentu pada Anda, tetapi juga dapat mensimulasikan hujan, panas, dan angin di wajah Anda. Ini tentunya membuat pengalaman Anda lebih menarik bukan?

Masker atau bagian bawah dari kacamata VR milik  FeelReal tampaknya kompatibel dengan sebagian besar headset VR yang ada, seperti Oculus Rift and Go, Samsung Gear VR, HTC Vive, dan PlayStation VR. Perangkat tersebut terpasang ke bagian bawah headset dengan dudukan magnet dan menghubungkannya secara digital melalui Bluetooth.  

Jangan pernah dibilang Anda kecewa, bila orang disekitar Anda menilai topeng FeelReal menjadikan Anda berpenampilan sebagai seorang tukang las atau penjahat Star Wars. Karena ini yang membuat Anda betah berlama-lama di dunia virtual.

Apa dibalik masker FeelReal? Ada sembilan kapsul aroma individu dapat dimasukkan ke dalam masker dan disemprotkan ke wajah Anda atas perintah, untuk membantu merasakan situasi yang Anda tonton atau mainkan. Tim FeelReal menyampaikan katalog lengkapnya mencakup 255 aroma berbeda, semuanya dirancang oleh ahli parfum dan olfaktologis Bogdan Zubchenko.  Rentang ini mencakup beberapa tersangka biasa seperti kopi dan lavender, hingga aroma yang lebih aneh seperti karet terbakar atau bubuk mesiu.

Tapi itu bukan sekadar bau. FeelReal menyebut masker tersebut sebagai "multi sensory" yang berhasil menambah sensasi lainnya.  Ditambahkan sensor mikro-heaters dan mikro-coolers yang tertanam di perangkat untuk mendorong udara hangat atau dingin ke wajah Anda, mendukung sebuah ilusi ketika katakanlah berada di gurun atau di atas gunung. Ultrasonic ionizing system bekerja menambahkan perasaan kabut air di pipi Anda dibarengi dengan vibrasi.

Tim FeelReal mengatakan bahwa game VR besar seperti Skyrim atau Beat Saber dapat dimodifikasi untuk bekerja dengan multi sensory mask, dan pengembang dapat menggunakan plugin FeelReal untuk menentukan ke sistem kapan harus melepaskan aroma atau sensasi lainnya. Pemain FeelReal melakukan hal yang sama untuk video 360 derajat, dan ia juga memiliki mode lebih santai untuk meditasi dan aromaterapi. Untuk benar-benar memamerkan kemampuan penuh perangkat, tim mengatakan berencana untuk merilis pengalaman VR sendiri yang disebut FeelReal Dreams.

Sejauh ini kedengarannya cukup keren, tapi jangan berharap terlalu tinggi. FeelReal mencoba melakukan crowdfund apa yang tampak seperti hal yang persis sama pada tahun 2015, tanpa hasil. Karena masalah logistik lainnya perlu dipertimbangkan, seperti seberapa besar kemungkinan pengembang perangkat lunak mengganggu penerapan teknologi ke dalam permainan dan video mereka. Lalu ada pertanyaan yang sangat penting tentang apakah ada orang yang benar-benar ingin mencium zombie yang mereka lawan dalam game. Mungkin lebih tepat bila digunakan orang dewasa.

Belum ada kata tentang harga atau ketersediaan untuk Masker VR FeelReal Multi-Sensory dulu, tetapi perusahaan mengatakan akan segera menjalankan kampanye Kickstarter lainnya. Jika Anda tertarik, Anda dapat mendaftar untuk buletin di situs web FeelReal. [Ahs/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
virtual reality,
#
feelreal vr,
#
aroma virtual