MENU
icon label
image label
blacklogo

Drone Lunak Mampu Atasi Kerusakan Akibat Benturan

AUG 01, 2018@09:00 WIB | 497 Views

Salah satu kekuatiran yang dapat muncul ketika sedang mengendalikan drone adalah tingginya kemungkinan drone akan menabrak sesuatu. Entah tertiup angin kencang sehingga menabrak dinding atau pohon, atau bahkan disambar burung yang kebetulan sedang lewat.

(Sebuah drone yang mampu beradaptasi dengan benturan berhasil diciptakan)

Guna mengatasi masalah tersebut, banyak produsen drone yang memberi proteksi tambahan seperti frame pelindung, atau fitur khusus yang mampu membuat drone menghindari rintangan tertentu. Namun, ada sebuah tim yang ternyata menerapkan cara berbeda dalam melindungi drone buatan mereka.

Adalah tim dari Laboratorium Sistem Kecerdasan EPFL, yang menerapkan konsep berbeda. Alih-alih memberi proteksi tambahan sebagai perlindungan, sekelompok peneliti ini memodifikasi drone mereka agar memiliki perlindungan secara natural.

(Lengan drone yang fleksibel dapat melipat ketika terjadi benturan)

Inspirasinya berasal dari origami, seni melipat kertas asal Jepang. Lengan drone tersebut dibuat menyerupai sayap serangga. Perlu diketahui, meski terkesan tipis, sayap serangga ternyata sangat kuat dan fleksibel di bagian pangkalnya. Lengan tersebut terbuat dari sebuah membran elastis yang kemudian dilapisi oleh sepasang plat kaku. Konsepnya menarik. Ketika beroperasi, plat ini akan menahan lengan drone agar kaku. Namun ketika menemui benturan, plat ini akan memecah dan akhirnya menekuk lengan drone.

(Lengan drone ini jga mampu melindungi komponen utama drone ketika tabrakan)

Plat kaku tersebut menggunakan bahan fiberglass, sementara pangkalnya mengandalkan sebuah magnet kuat. Nantinya lengan drone ini akan menggulung dan melindungi bagian utama drone ketika mengalami tabrakan dan benturan.

“Tren robot saat ini adalah dengan menciptakan robot “lunak” yang dapat beradaptasi dan beroperasi dengan aman” ujar Dario Floreano, kepala penelitian di Laboratorium Sistem Kecerdasan EPFL. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
drone,
#
origami drone