MENU
icon label
image label
blacklogo

Dobot M1: Robot Lengan yang Miliki Banyak Fungsi

DEC 29, 2016@17:00 WIB | 153 Views

Robot lengan terlihat seperti yang pernah diciptakan untuk film Sci-Fi, pabrik mobil dan mimpi dari para penggila DIY (Do It Yourself). Dobot kini hadir untuk mengubah hal tersebut.

Robot ini dapat diperpanjang dan diperlengkapi untuk dapat menerima berbagai macam tugas seperti memotong, bergerak, mencetak dan mengambil atau membawa barang, solder dan masih banyak lagi.

Robot ini dilengkapi dengan dua toolheads yang mencakup dengan paket dasar, dengan pilihan dari kepala yang terbuat dari 3D printing, 4 sumbu lampiran, laser engraver, suction cup dan tangan penggenggam. Toolheads tambahan akan dikenakan harga sebesar USD80 (sekitar Rp1 juta).

Dobot M1 dijual mulai dari USD999 (sekitar Rp13,4 juta) namun karena permintaan yang banyak, Anda saat ini hanya bisa mendapatkan Dobot M1 dengan harga paling murah USD1.399 atau sekitar Rp18,8 juta.

Robot ini dapat deprogram dalam beberapa cara. Anda dapat mengaturnya ke dalam mode belajar dan Anda bisa mengambil kepalanya dan memindah-mindahkannya, robot ini kemudian akan merekam gerakan dan mengulangnya sampai bosan. Robot ini juga dilengkapi dengan sejumlah alat pemrograman, API dan SDK, yang berarti jika Anda tahu bagaimana menciptakan kode, Anda mungkin akan mengetahui bagaimana memrogam robot untuk melakukan perintah Anda. [Clo/timBX]