MENU
icon label
image label
blacklogo

Bukan Main! Mahasiswa Ini Buat Motor Berbahan Bakar Air Laut

MAR 28, 2022@11:50 WIB | 311 Views

Seorang mahasiswa asal Argentina bernama Santiago Hernandez, dilaporkan telah mengembangkan sepeda motor berbahan bakar air laut, bukan bahan bakar fosil seperti biasanya.

Hernandez, yang saat ini mengambil studi di bidang kimia, dilaporkan mengembangkan sistem propulsi alternatif ini sebagai bagian dari proyek universitasnya. Dia tertarik dengan ide tersebut setelah mengetahui tentang proses elektrolisis.

Elektrolisis sendiri adalah proses di mana senyawa ionik, yaitu ion yang merupakan atom dengan muatan non-netral, dipecah menjadi unsur-unsur penyusunnya melalui penggunaan arus searah (DC). Secara komersial, elektrolisis digunakan untuk membuat bahan kimia serta untuk mengekstrak dan memurnikan logam.

Purwarupa ini menggunakan toples kaca untuk menggantikan tangki bahan bakar, di mana air kotor atau air laut dimuat dan memberi makan sistem elektronik untuk menggerakkan roda belakang dengan rantai,” ujar Hernandez dalam penjelasannya terkait motor berbahan bakar air asin ini di akun Tiktok-nya.

Dalam bentuknya yang sekarang, purwarupa ini bisa dibilang cukup berbahaya karena tabung kaca yang menampung air laut ini bisa saja meledak, oleh karena itu, Hernandez merekomendasikan penggunaan peralatan CNG. “(Purwarupa) ini akan membutuhkan modifikasi struktural, terutama dengan peralatan yang mirip dengan yang digunakan pada gas alam terkompresi (CNG),” tambah Hernandez lebih lanjut.

Hernandez sendiri berjanji akan membuat video tutorial yang menjelaskan cara membangun sistem ini jika ia mencapai 10.000 pengikut di akun TikTok-nya. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
salt water-powered motorcycle,
#
electrolysis

RELATED ARTICLE