MENU
icon label
image label
blacklogo

BeachBot, Robot Pembersih Puntung Rokok di Tepi Pantai

JUL 21, 2021@18:30 WIB | 81 Views

BeachBot adalah robot kreasi Edwin Bos dan rekannya Martijn Lukaart, pendiri TechTics, saat ini sedang bersiap untuk uji coba tahap kedua. BeachBot ditemukan setelah Bos menyadari bahwa pantai favoritnya, Pantai Scheveningen di Belanda, dipenuhi ribuan puntung rokok. Hal ini bukan hanya terjadi di Belanda, tetapi di berbagai belahan dunia, lebih dari 4,5 triliun puntung rokok mengotori lingkungan.

Puntung rokok mungkin kecil dan sebagian terbuat dari kertas, tetapi butuh waktu 14 tahun untuk hancur secara alami, selama waktu itu mereka melepaskan racun ke dalam air, dan meracuni berbagai bentuk kehidupan air, dari ikan hingga kura-kura. Puntung rokok digambarkan sebagai benda yang "sangat beracun" dan tidak boleh dibuang atau dikubur di pasir pantai seenak jidatnya saja, puntung rokok harus dibuang dengan benar, di tempat sampah.

Karena masih banyak orang-orang yang tidak sadar lingkungan, Bos akhirnya mengambil tindakan sendiri, dan menciptakan BeachBot. BeachBot adalah kendaraan listrik kecil yang berjalan di atas ban berukuran cukup besar dan dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI). BeachBot masih dalam tahap pembelajaran awal, dan sedang "dilatih" untuk mengidentifikasi, menemukan puntung rokok, mengambilnya dari pasir, dan membuangnya ke tempat sampah terintegrasi. BeachBot terlihat cukup menjanjikan, tetapi sepertinya jalan masih panjang untuk mencapai potensi penuh. Saat ini BeachBot sedang mencoba untuk mempelajari foto puntung rokok dengan menggunakan Microsoft Trove, dan terus mempelajarinya.

Dalam pengujian pertama, yang berlangsung tahun lalu, robot ini sanggup mengumpulkan 10 puntung rokok dalam 30 menit, mengingat robot ini hanya memiliki runtime satu jam dengan muatan penuh, ini sebenarnya tidak bisa dibilang pencapaian yang baik, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali.  Bos masih berharap manusia suatu hari nanti memiliki kesadaran untuk mengambil sampah mereka sendiri sebelum meninggalkan pantai atau tempat tempat lain, tetapi sampai mereka memiliki kesadaran seperti itu, BeachBot akan membantu untuk mengumpulkan puntung-puntung rokok. Bos menambahkan, bahwa BeachBot adalah pahlawan kebersihan.

Tidak lama lagi, BeachBot akan mendapatkan dua robot bantuan yang akan berjalan menyusuri dan memetakan pantai, sehingga BeachBot hanya perlu fokus mengambil benda dan membuangnya. Ketiganya akan bekerja sebagai tim, dan akan bekerja lebih efisien. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
beachbot,
#
robot pembersih pantai,
#
inovasi teknologi