MENU
icon label
image label
blacklogo

Baterai Ini Dapat Isi Penuh Daya Ponsel dalam Hitungan Detik

NOV 24, 2016@21:00 WIB | 636 Views

Teknologi baterai memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan digital kita. Baterai selama ini terus mengalami perkembangan dan selalu ada ruang untuk setiap. Kali ini para ilmuwan dari University of Central Florida telah mengembangkan prototype dari baterai super yang mempunyai kekuatan seolah-olah ia baru saja diisi ulang sebanyak 30.000 kali.

Jika penelitian ini berhasil, berarti telah ditemukan baterai super cepat yang dapat mengalahkan kekuatan dari baterai lithium-ion. Dengan kata lain, Anda bisa mengisi baterai telepon Anda hanya dalam hitungan beberapa detik dan Anda tidak perlu lagi mengisi daya untuk ponsel Anda dalam satu minggu ke depan.

Alasan mengapa supercapacitors dapat mengisi daya begitu cepat ialah mereka dapat menyimpan listrik pada permukaan material, daripada harus menyimpannya melalui reaksi kimia seperti yang dilakukan oleh baterai lithium ion.

Baterai ini dibungkus dengan bahan metal 2D, yang hanya setebal beberapa atom, dikelilingi oleh kawat konduktif tipis, yang pada dasarnya memungkinkan elektron untuk dapat lolos dari bagian inti ke bagian luar. Hasilnya adalah sebuah baterai yang mampu mengisi daya dengan cepat.

Baterai ini memang masih dalam tahap penelitian dan pengembangan, dan hanya tinggal sedikit lagi untuk dapat siap dikomersialkan. Namun tentunya baterai ini terlihat sangat menjanjikan. Tim saat ini masih mencari cara untuk dapat mematenkan teknologi baterai ini. [Clo/timBX]

Tags :

#
baterai,
#
blackbox