MENU
icon label
image label
blacklogo

BALLU Robot dari Balon Helium

NOV 18, 2016@19:10 WIB | 1,114 Views

Berbagai robot kini semakin ramai diciptakan oleh tangan-tangan kreatif. Kali ini ada sebuah robot unik baru yang telah muncul bernama BALLU yang diciptakan oleh Dennis Hong dari UCLA Robotics & Mechanisms Laboratory (RoMeLa).

BALLU yang merupakan akronim dari Buoyancy Assisted Lightweight Legged Unit, yang merupakan robot humanoid dengan tubuh terbuat dari balon helium dan sepasang kaki kurus. Karena tidak memiliki bobot yang berat, robot ini tidak pernah terjatuh dan dapat berjalan, melompat, serta melakukan berbagai gerakan bipedal lainnya yang dapat berguna selama Anda tidak membawanya keluar di tengah-tengah cuaca yang berangin.

Robot ini lebih seperti sebuah pesawat hybrid daripada sebuah balon udara. Robot ini tidak lebih ringan dari udara, sehingga ia tidak bisa mengapung dengan sendirinya dan memerlukan beberapa bantuan untuk mendukung serta mengendalikan gerakannya

BALLU bukan jenis robot yang dapat membawa suatu berbobot berat atau melakukan tugas manipulasi substansial apapun. Hong menggambarkannya lebih seperti "perangkat informasi berjalan". Namun yang paling utama dari robot ini ialah, ia ringan dan tentunya aman.

Robot ringan tersebut masih berada dalam tahap pengembangan. Namun Hong juga mengatakan bahwa mereka masih memiliki beberapa metode yang memungkinkan BALLU untuk memanjat atau melompat melewati struktur yang sangat tinggi, walaupun belum menerapkan itu sebelumnya. [Clo/timBX]

Tags :

#
ballu,
#
robot,
#
black box