MENU
icon label
image label
blacklogo

Arduboy Mini, Gaming Console Portable 8-bit, Credit Card Kalah Kecil

DEC 13, 2022@16:08 WIB | 1,619 Views

Tahun 2015 lalu, Kevin Bates mengembangkan perangkat game open source 8-bit seukuran kartu kredit yang diberi nama Arduboy buat orang-orang yang suka main game, mengembangkan sekalgus berbagi game gratis. Kini, versi lebih kecil dari gaming consel portable ini sudah rilis.

Memiliki desain awal sebagai sebuah kartu bisnis digital, Arduboy versi prototype sempat mendulang sensasi di YouTube tahun 2014 lalu. Setelah itu dibangunlah perusahaan khusus yang membuat beberapa purwarupa dan menjalin kerjasama dengan mitra produsen sebelum debut di Kickstarter pada Mei 2015.

Sukses besar pada tahun itu kini tim pengembang membuat versi yang lebih kecil dengan peningkatan media penyimpanan yang mampu menyimpan hingga lebih dari 300 game. Walaupun begitu, ukuran yang kecil ini memiliki banyak keterbatasan. Arduboy Mini kini memiliki body yang lebih simple tanpa casing polikarbonat, speaker juga dilepas, berikut baterai.

Jadi untuk memainkannya, gamers harus tersambung dengan sumber daya lewat port USB type C. Namun jika pengguna menghendaki, pengguna bisa menambah baterai dan juga speaker karena solder pad-nya sudah tersedia.

Untuk display, ukurannya tetap sama di 128-x64 pixel, layar monochrome OLED, microchip ATmega32u4 juga tetap dipertahankan namun dengan tambahan penyimpanan flash sebesar 16MB serta switch ALPS untuk odul pengedali.

Setup ini sangat terbuka dengan seluruh microcontroller pin yang tersedia. Terlebih, ada juga header ISCP untuk program ulang bootloader. Arduboy Mini dilepas di Kickstarter mulai harga 29 USD atau sekitar Rp 450 ribu. [leo/timBX]

Tags :

#
arduboy,
#
arduboymini

RELATED ARTICLE