MENU
icon label
image label
blacklogo

Aplikasi Ini Bisa Mengetahui Emisi Karbon Mobil Secara Real-Time

MAR 22, 2022@20:15 WIB | 353 Views

Karai by Drive Key, adalah sebuah aplikasi smartphone untuk mengetahui emisi gas buang pada kendaraan, baru-baru ini sudah tersedia melalui Apple App Store. Dibuat oleh Drive Key, Startup asal Inggris, aplikasi ini akan tersedia untuk pengguna Android pada pertengahan tahun ini.

Karai by Drive Key bisa dikatakan sebagai satu-satunya aplikasi yang mampu melacak emisi karbon kendaraan secara real time dan juga mengukur perilaku mengemudi yang ramah lingkungan dan menawarkan tips berdasarkan data perilaku pengemudi untuk meningkatkan efisiensi berkendara. Untuk menawarkan penilaian yang tepat bagi mengemudi, aplikasi ini menggunakan data Badan Lisensi Pengemudi dan Kendaraan (DVLA) dan ditujukan untuk pengemudi dengan mobil mesin bertenaga bensin.

Beberapa negara di Eropa membuat kebijakan berupa pajak untuk emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil konvensional bertenaga bensin. Ambil contoh Vauxhall Corsa, mobil terlaris di Inggris pada tahun 2021. Pajak emisi gas buangnya hanya £3,95 (sekitar Rp74 ribu) per bulan berdasarkan jarak tempuh tahunan 6.000 mil. Bahkan jika menggandakan angka ini menjadi 12.000 mil per tahun, pajaknya akan tetap relatif rendah, yaitu £7,91 (sekitar Rp149 ribu) per bulan. Untuk mobil seperti Range Rover Sport, pajak emisi gas buangnya bisa mencapai £34 (sekitar Rp642 ribu) per bulan dengan jarak tempuh 20.000 mil. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kara by drive key,
#
aplikasi