MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memasang Klakson TOA Pada Motor

MAR 05, 2017@15:00 WIB | 15,824 Views

Kebutuhan klakson sangat vital pada sebuah kendaraan, karena salah satu fungsi klakson sebagai tanda pengingat agar tidak terjadi kecelakaan. Dalam hal ini klakson berfungsi sebagai alat komunikasi antar pengguna jalan. Entah mengapa trend mengganti klakson pabrikan, akhir-akhir ini menjadi marak di kalangan klub motor, mobil bahkan truk atau bis.

Banyak alasan kenapa bikers, mengupgrade klakson pabrik dengan klakson TOA misalnya. Entah itu sebuah kebanggaan, atau lebih memaksimalkan fungsi komunikasi klakson itu sendiri. Saat touring misalnya, dibutuhkan para biker yang sigap,  fisik yang kuat untuk menempuh jarak ratusan kilometer, biasanya menggunakan klakson TOA untuk mempercepat membuka trek, dan rombongan bikers dapat saling menyusul serta tidak terpencar.

Bagi yang belum menginstal klakson TOA, Anda mungkin perlu tahu, bagaimana cara memodifikasi klakson TOA pada kendaraan Kita. Jika tidak mau ambil pusing, datang ke bengkel. Namun, bagi yang ingin menginstal sendiri ada beberapa cara yang harus diperhatikan.

Pemasangan klakson pada dasarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa anda kerjakan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke bengkel, sebagai panduannya silahkan pelajari cara cara sebagai berikut :

  • Pahami kabel-kabel yang tersambung pada Klakson.
  • Pilih salah satu kabel diantara kabel yang berwarna abu-abu, biru, dan coklat.
  • Kemudian sambungkan kabel tersebut dengan kabel warna hitam bawaan horn TOA.
  • Lanjutkan dengan menyambungkan salah satu dari kabel warna abu-abu, biru, dan coklat yang masih tersisa.
  • Kemudian sambungkan pada kabel warna putih bawaan horn TOA.
  • Perhatikan kabel warna hitam yang keluar dari modul kemudian pasangkan pada negative baterai / accu.
  • Dan kabel warna merah yang keluar dari modul pasangkan pada positif  baterai / accu.

Setelah pemasangan selesai silahkan dicoba, jika berhasil coba konsultasikan pada ahlinya untuk menghindari accu agar tidak cepat rusak karena beban yang berlebihan.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
blacktips,
#
autotips