MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Melewati Jalan Berlubang Untuk Pengendara Motor

DEC 25, 2021@19:00 WIB | 242 Views

Jalanan yang rusak adalah musuh bagi setiap pengendara, terutama pengendara sepeda motor. Jalanan yang rusak ini bisa terdapat dimana saja, mulai dari jalan perkotaan hingga jalan pedesaan. Kondisi jalan yang rusak tentunya sangat membahayakan, apalagi ketika pengendara tidak menggunakan teknik yang tepat saat melaju. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak celaka ketika berkendara di jalan yang berlubang.

1. Turunkan kecepatan motor

Pengendara motor perlu berada dalam kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan kecepatan motor dengan mengurangi tarikan gas dan secara bertahap menggunakan rem. Tujuannya agar mengurangi guncangan pada motor, karena apabila guncangan semakin besar, maka resiko kecelakaan motor semakin besar.

2. Kendalikan stang dengan baik

Saat melewati jalan berlubang, pastikan pegang kendali stang lebih kuat. Hal ini bertujuan agar motor bisa terkendali saat melewati jalan yang berlubang. Apabila stang tidak dikendalikan dengan baik, maka guncangan motor akan lebih sulit untuk dikontrol.

3. Jangan menggunakan rem depan

Ketika di kecepatan rendah, disarankan untuk menggunakan rem belakang saat mengerem. Penggunaan rem belakang ini dapat mengurangi resiko tergelincir saat berkendara di jalanan yang rusak atau berlubang. Selain itu, pengemudi disarankan untuk menjaga laju kendaraan dalam kecepatan rendah.

4. Tetap fokus saat mengemudi

Tips terakhir ini sangat penting. Jangan melamun atau melakukan hal lain saat berkendara karena sangat berbahaya terhadap keselamatan. Dengan fokus saat berkendara, pengemudi dapat mengantisipasi hal yang akan terjadi tiba-tiba. misalnya pada saat melewati jalan berlubang, lalu melakukan pengereman mendadak yang bisa berakibat pada kecelakaan. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
tips jalan berlubang