MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Jaga Usia Pakai Pompa Bensin

OCT 09, 2017@12:00 WIB | 2,205 Views

Fuel pump atau lebih akrab disebut pompa bensin mempunyai tugas untuk membuat tekanan  bahan bakar sampai ke mesin. Posisi tanki bahan bakar yang lebih rendah daripada mesin sangat memerlukan tekanan dari  fuel pump. Selain itu pada proses kerja mesin juga diperlukan pengabutan bahan bakar oleh injektor yang juga dibutuhkan tekanan bahan bakar yang cukup tinggi.

Dengan demikian fuel pump mempunyai  peran yang cukup penting untuk kelangsungan proses kerja mesin. Efek sampingnya sudah jelas jika kondisi fuel pump lemah dipastikan mesin tidak bisa hidup karena tidak ada bahan bakar masuk yang menuju ke mesin.

Untuk mobil produksi di atas tahun 2004, rata-rata menempatkan fuel pump di dalam tangki bahan bakar bersamaan dengan filter bahan bakar. Fuel pump ini digerakan oleh motor dinamo yang dialiri tegangan dari battery melalui kunci kontak, sehingga fuel pump ini bekerja setelah kunci kontak di posisi ON.

Pada saat kunci kontak di posisi ON maka akan terdengar bunyi denging di dalam tangki bakan bakar, tetapi bunyi denging ini akan sulit di kenali jika di sekitar mobil ada suara lain karena suaranya cukup pelan. Namun jika mendengarkannya di tempat yang sepi tentu bunyi denging akan terdengar dengan jelas. Jadi, saat melakukan pekerjaan ini, pastikan kejelian dan konsentrasi yang cukup.

Menurut laman Astraworld, usia fuel pump cukup bervariatif tergantung dari kualitas bahan bakar yang masuk kedalam tanki bahan bakar.  Di sisi lain yang perlu diketahui adalah mengenali gejala kerusakan yang disebabkan oleh fuel pump lemah agar proses penangannya tepat.  Untuk pengecekan awal yang bisa dilakukan sendiri  adalah ubah posisi kunci kontak menjadi ON lalu dengarkan denging di dalam tangkinya.

Jika tidak ada suara denging maka perlu dicurigai kalau fuel pumpnya tidak bekerja. Lalu cek juga komponen lain agar tidak salah diagnosa, seperti cek fuse EFI + relay fuel pump jika dipastikan kondisi baik. Kemudian starter sambil menyemprotkan carburator cleaner pada intake monifoldnya jika mesin hidup, kemungkinan besar memang fuel pumpnya yang sudah lemah.

Proses pergantian fuel pump tergantung dari jenis mobilnya, ada yang bisa dilakukan tanpa menurukan tangki bahan bakar dan ada juga yang harus menurukan tangki bahan bakar.  Untuk kebanyakan mobil jenis sedan bisa dilakukan hanya dengan melepas jok baris belakangnya saja, namun untuk jenis mobil  MPV dilakukan dengan menurunkan tangki bahan bakar karena tidak ada celah di atas tangkinya.

Dengan menurunkan tangki bahan bakar, ada manfaat positif yang bisa didapat karena akan sekaligus menguras bahan bakar yang ada di dalam tangki bahan bakar, sehingga setelah mengganti dengan fuel pump yang baru, bahan di dalam tangki juga sudah benar-benar bersih. [bil/timBX]

Tags :

#
autotips