MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips: Berkendara Aman bagi Pemotor

JAN 31, 2017@16:49 WIB | 48,775 Views

Sepeda motor memang sudah menjadi pilihan orang-orang yang ingin mempunyai kendaraan yang cepat dalam mengarungi realita kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu saja kendaraan roda dua ini juga bahkan sudah menjadi primadona di kota besar dalam hal melewati kemacetan ditengah-tengah jalan ibukota.

Akibatnya, total nilai dari penjualan sepeda motor roda dua ini jauh lebih besar dari pada roda empat. Namun tidak dipungkiri bahwa pengendara sepeda motor menjadi yang terbesar dalam hal kecelakaan dijalan raya.

Menurut data dari Institut Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya atau Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) kendaraan roda dua 30 persen mendominasi kecelakaan tunggal di jalan raya, dan 60 persen sipengendara motor lebih mungkin akan meninggal daripada pengendara mobil bila terjadi kecelakaan.

Namun tetap saja setiap tahun nilai data statistik pengguna motor baru terus bertambah, dan perlu diingat IIHS juga mencatat adanya nilai 48 persen kecelakaan yang mengakibatkan kematian pengendara motor pada tahun 2010 akibat ngebut, sisanya akibat pengaruh Alkohol serta kurangnya kewaspadaan di jalan raya.

Menanggapi hal tersebut, BlackXperience mempunyai beberapa tips dan trik singkat untuk keamanan dalam berkendara roda dua.

Pilihlah Kendaraan yang Dilengkapi Rem ABS.

Sekarang sudah banyak tersedia berbagai macam model kendaraan roda dua dengan fitur rem anti penguncian dan sudah terbukti dengan fitur teknologi tersebut bisa menjadi faktor penyelemat Anda. Menurut data IIHS menunjukan bahwa sepeda motor yang dilengkapi dengan rem ABS 37 persen lebih kecil kemungkinan untuk terlibat kecelakaan fatal dibandingkan sepeda motor tanpa fitur rem ABS. "Tidak peduli apapun jenis kendaraan yang Anda pakai, rem ABS itu pasti lebih bagi Anda." Tegas Bruce Biondo dari Virginia Department of Motor Vehicles Motorcycle Safety Program.

Mungkin bagi Anda yang masih belum tahu, Kenapa harus pilih kendaraan roda dua dengan fitur rem ABS? Alasannya sangat sederhana, ABS atau yang biasa disebut juga dengan Anti Lock Breaking System ini dapat membantu Anda mempertahankan kemudi kontrol pada kendaraan selama akan berhenti darurat dan itu bisa sangat berharga bagi Anda meski hanya beberapa detik, apa lagi dalam kondisi licin. Namun bila kendaraan tanpa ABS, ketika akan terjadi kecelakaan sipengendara sudah dipastikan Panik dan tanpa sadar akan menekan tuas rem sekuat-kuatnya hingga rem tersebut mengunci dan merampas pengendara dari kemudi, hal tersebut dapat dengan mudah menyebabkan selip dan kecelakaan dan pasti akan terjadi cedera serius.

Banyak sudah kendaraan dengan berbagai model yang mempunyai fitur ini namun dengan selisih harga lebih tinggi dengan model lainnya yang tanpa fitur ABS. Namun bila Anda mengutamakan keselamatan pastikan Anda memilih kendaraan yang sudah tertanam fitur ABS.

Mengikuti Pelatihan Safety Riding.

Mungkin sudah banyak dari kita mendengar tentang berita terkait Safety Riding diberbagai media contohnya disini BERITA SAFETY RIDING, acara yang paling banyak diikuti para komunitas bikers, bukan hanya para komunitas, APM selaku pemegang merk kendaraan biasanya juga mengadakan program safety riding bagi konsumennya dan ini mungkin dapat membantu Anda dalam hal berkendara serta bermanuver yang aman dijalan raya.

Anda bisa membaca dan mempelajari tentang keselamatan riding dijalan, namun lebih bagusnya lagi Anda bisa mengikuti acara tersebut sehingga Anda bisa merasakan secara langsung praktek dilapangan.

Gunakan Helm yang Kualitas Terbaik.

Sudah pasti para pengendara motor diwajibkan memakai pelindung kepada atau helm, menurut studi pemerintah setempat pengendara tanpa helm mempunyai resiko lebih tinggi mengalami cidera pada otak bila terjadi kecelakaan dibandingkan yang memakai helm.

Dipasaran banyak juga kita temui helm-helm berbagai model dan pilihan yang siap dijual kepada pengendara motor, harap diperhatikan juga bila Anda hendak membeli, pilihlah helm yang sudah terjamin kualitasnya. Sebuah helm full-face adalah pilihan terbaik dan jangan lupa juga helm pilihan Anda harus disertakan stiker dari DOT (Department OF Transportation) atau SNI.

Cermat Pilih Pakaian Berkendara

Pastikan bila Anda ingin mengendarai sepeda motor, sebuah jaket, celana jeans, sepatu, sarung tangan selalu terpakai, karena hal ini dapat mengurangi terpaan angin, puing jalanan serta melindungi Anda tergores dijalan bila Anda jatuh dari motor.

Hindari Penggunaan Telepon selular.

Banyak yang tidak kita sadari bahaya dari penggunaan telepon selular dalam berkendara, seringkali kita jumpai dijalan ada saja pengendara motor berkendara sambil berbincang dengan telepon selular atau hanya sekedar membalas pesan, namun hal ini sungguh berbahaya bagi dirinya dan orang lain.

Seringkali pengendara kehilangan fokus dan tidak memperhatikan jalannya saat telepon selularnya bergetar. Maka dari itu bila Anda mendapatkan getaran di telepon selular Anda ada baiknya Anda berhenti sebentar di tepi jalan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

Pilah Pilih Jalan

Jalan berpasir dan lubang adalah musuh utama bagi pengendara motor, karena bisa menyebabkan kecelakaan tunggal bagi pengendara. Ada baiknya bila kita ingin berpergian kesuatu tempat carilah trek yang ingin dilalui yang sudah bisa dihafal sehingga bisa menghindari jalan-jalan rusak diluar dugaan.

Namun bila Anda sudah berada dikecepatan dan melihat jalan berlubang yang sudah tidak bisa dihindari, Anda harus menghantam lubang tersebut karena bila Anda menekan tuas rem secara spontan didalam kecepatan itu sangat berbahaya bagi Anda, karena ban motor Anda bisa selip dan tergelincir di jalan. Namun perlu diperhatikan juga tentang cuaca, bila Anda ingin berpergian jauh ada baiknya Anda memperidiksi cuaca yang bagus untuk berkendara.

Bila Anda terhadang cuaca buruk dijalan baiknya Anda rehat sejenak dan berteduh. untuk menunggu cuaca kembali baik, karena bila Anda terus berkendara di cuaca buruk atau hujan bisa saja membuyarkan fokus Anda terhadap jalan bukan hanya itu saja, Karena waktu dimana hujan turun disitulah posisi yang paling berbahaya karena dapat mengurangi grip pada ban motor karena dari posisi kering dengan putaran yang cukup panas ke basah atau lembab bisa menyebabkan cepatnya terurai grip ban motor. Bukan hanya itu saja hujan juga akan menghalangi jarak pandang bagi Anda.

Dan yang terpenting cek ricek terlebih dahulu part dari motor yang akan Anda kendarai dari rantai motor, lampu-lampu tekanan angin pada ban motor. Semoga tips ini bisa bermanfaat. [Yus/timBX]

Tags :

#
safety riding,
#
tips,
#
autotips,
#
tips berkendara,
#
tips berkendara aman,
#
sepeda motor,
#
motorcycle