MENU
icon label
image label
blacklogo

Pentingnya Melakukan Test Drive

MAY 12, 2020@09:53 WIB | 740 Views

Selama kamu ingin membeli mobil maka test drive mutlak diperlukan. Kenapa/ karena pembeli harus tahu apa saja fitur-fitur yang ada di kendaraan tersebut, dan kapan saja penggunaannya. Karena memang otomotif merupakan salah satu barang yang selalu aktif digunakan, maka perlu diketahui seluk-beluknya dahulu dan mengenal si kendaraan tersebut.

Sebenarnya test drive ini bisa dimana saja dilakukan seperti, meminjam kendaraan ke tetangga/teman, ke pameran otomotif, atau yang lebih fleksibel adalah ke dilernya langsung sekaligus bisa bertemu dengan mentornya langsung. Sebelum menjalankan kendaraan, kenali dulu fiturnya dan tentukan apa saja yang harus diketahui ketika berkendara seperti berikut;

1. Fungsi Dasar Mobil

Perhatikan mulai dari membuka pintu, merasakan kondisi kursinya, serta aksesibilitasnya. Sesuaikan pengaturan kursi, fungsi lampu–lampu, spion juga setir mobil dengan preferensi agar bisa mencoba mobil benar-benar dalam kondisi yang nyaman. Mengenali fitur dasar kendaraan diyakini mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan bagi seseorang.

2. Tentukan Rute Test Drive

Pastikan tentang rute test drive terlebih dahulu sehingga Anda dapat merasakan pengalaman mengemudi dengan sales executivenya. Mungkin jika mobil tersebut memiliki fitur offroad, bicarakan juga mengenai lokasi uji tes fitur tersebut berada dimana. Utamakan uji tes di jalan raya untuk merasakan akselerasinya baik ketika lancar atau pun macet. Test pula ketika anda mencoba parkir di tempat sempit, terutama jika mobil tersebut memiliki fitur parking assist. Perbanyak rute juga bisa memaksimalkan performa kendaraan seperti ekseerasi, tingkat kenyamanan kabin, setir, rem dan lainnya.

3. Coba Semua Row Interior

Bukan berarti harus menjadi pengemudi saja, namun kita harus coba sebagai penumpang di semua baris kursi. Biarkan sales yang mengendarai kendaraan sambil merasakan fitur lainnya di kursi penumpang seperti AC, panoramic roof, USB slot dan lainnya.

4. Pelajari Teknologi Terkini di Mobil

Mobil di atas Rp 200 jutaan kini banyak fitur yang mumpuni. Sebut saja cruise control, sun roof, ABS brake, dan sistem info-nya serta entertainment. Tanyakan mana yang tidak kalian mengerti kepada salesnya dan meminta untuk diajarkan cara penggunaannya. Sehingga, ketika kalian membeli mobil ini nanti tak menyesal jika sudah mengetahui fitur teknologi di mobil tersebut.

5. Mempelajari Sistem Keselamatan di Mobil 

Ini yang paling penting, yaitu bagaimana sistem keselamatan mobil ini bekerja. Bukan mengetes mobil ini menabrak tembok dan mengeluarkan airbag, tapi fitur keselamatan lain yang biasanya selalu aktif yaitu rear camera, blind spot monitor jika mobil ini ada fitur tersebut, lane departure warning, traffic alert, dan lainnya. Tanyakan lah kepada salesnya apa saja fitur yang terdapat di mobil tersebut dan penggunaannya.[prm/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
autotips,
#
test drive,
#
mobil,
#
uji coba