MENU
icon label
image label
blacklogo

Ketahui Saat yang Tepat Untuk Mengganti Ban

NOV 05, 2020@13:00 WIB | 406 Views

Saat pergantian musim, kendaraan pun harus berada dalam kondisi prima untuk memastikan mobil dapat menjalani kondisi jalan yang berubah. Salah satu yang patut jadi perhatian adalah kondisi ban mobil, terutama ketika memasuki musim hujan. Secara konvensional, paham penggantian ban mobil adalah ketika tapak ban aus ke tempat alur atau saat batang indikator pengukur keausan tapak muncul. Perlu diketahui, salah satu penyebab keausan tapak ban lebih cepat adalah karena tekanan ban yang rendah. Oleh karena itu, sangat penting sangat memastikan tekanan ban setiap akan berkendara, karena ini bisa jadi pemicu munculnya masalah lain pada mobil.

Faktanya, ban mengalami keausan secara bertahap dan ada banyak pemilik kendaraan tidak secara teratur memeriksa kedalaman tapak atau keausan yang tidak rata. Oleh karena itu, hilangnya traksi mungkin tidak terlihat hingga kendaraan tergelincir.

Ban baru biasanya memiliki kedalaman tapak ban dari 10/32 hingga 11/32 inci. Tapak yang dalam ditambah lekukan dan celah yang dipotong di sisi tapak, memungkinkan air keluar dari bawah ban sehingga dapat mempertahankan cengkeraman yang memadai. Saat tapak aus dan alur serta celah menjadi lebih dangkal, lebih banyak uap air terperangkap di bawah ban. Ban kemudian meluncur ke atas permukaan air yang licin.

Hasilnya adalah jarak henti yang lebih jauh, lebih banyak roda yang berputar dalam percepatan dan lebih sedikit cengkeraman saat berbelok. Kapan tergelincir ini mulai terjadi dan seberapa parah traksi akan bervariasi menurut desain ban. Bahkan tak menutup kemungkinan, ini terjadi sebelum Anda terlihat memiliki ban botak yang perlu diganti.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk mengganti ban mobil? Jawabannya adalah ketika sisa tapak berkisar 5/32 inci. Memang ini masih bisa bertahan beberapa km lagi, tetapi ini adalah pertanda sudah saatnya Anda mempersiapkan dana untuk mengganti ban. Bagaimanapun, tindakan preventif adalah yang terbaik.

Untuk Anda yang ingin mengetahui detail keausan ban, maka datangilah mekanik untuk memeriksanya. Mereka dapat melihat keausan yang tidak biasa atau berlebihan, mengukur kedalaman tapak dengan pengukur, dan memberi tahu berapa lama umur ban yang tersisa.[prm/yub/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
ban,
#
menggangti ban