MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaga Pengereman Mobil Tetap Prima

JAN 20, 2021@11:00 WIB | 473 Views

Salah satu komponen penting di sebuah kendaraan adalah rem. Sampai ada istilah, “putus cinta itu biasa, putus rokok itu luar biasa, putus rem mati kita!” komponen rem yaitu kampas memiliki peran penting, dan oleh sebab itu harus selalu di cek apabila kampas rem sudah mulai menipis. Kampas tersebut tentunya akan terkikis hingga habis ketika melakukan pengereman. Jika sudah habis, daya cengkram rem menjadi berkurang dan bisa jadi, mengikis piringan rem atau disc brake mobil kalian. Untuk menghindari hal tersebut, maka wajib diperhatikan tanda-tanda habisnya kampas rem mobil kalian seperti berikut ini;

1. Rem Bergetar

Ketika kampas rem habis, akan timbul getaran di pedal rem mobil ketika kita mengerem, terutama di kecepatan tinggi. Kenapa begitu? Karena permukaan rem kampas yang sudah tidak rata. Ketika kampas sudah terlalu parah teksturnya, getaran tersebut akan sampai terasa ke setir mobil.
 
 

2. Adanya Serbuk Bekas Rem

Seringkali ketika mengerem, akan meninggalkan bekas serbuk kampas di velg dalam. Jika sudah terlihat seperti itu, jelas sudah bisa dilakukan penggantian kampas baru untuk kenyamanan dan keamanan kalian berkendara.  

3. Mengeluarkan Bunyi

Tanda umum lainnya yaitu adanya bunyi ketika mengerem. Ketika kampas sudah terkikis habis, akan muncul suara atau bunyi ketika mengerem. Ini dikarenakan logam brake pad yang bergesekan langsung dengan piringan cakram.
 
 

4. Pijakan Rem Makin Dalam
 
Tanda kampas rem mobil sudah harus diganti lainnya adalah ketika menginjak rem makin dalam. Ini juga menjadi ciri yang paling jelas kalau kampas rem sudah harus diganti. Tanda ini sangat mudah dikenali karena pengendara dapat merasakannya langsung.
 

5. Minyak Rem Berkurang
 
Apabila terjadi penurunan minyak rem, anda bisa langsung mengecek untuk memastikan bahwa kampas rem sudah harus diganti. Anda dapat memperhatikan jika terdapat rembesan ataupun tetesan minyak rem.  Hal ini bukan disebabkan karena adanya kebocoran pada minyak rem melainkan karena kondisi kampas rem yang sudah habis. Sehingga ketika Anda sudah mengganti kampas rem mobil, maka kondisi minyak rem mobil anda akan kembali normal.[prm/timBX] berbagai sumber
 
 

Tags :

#
autotips,
#
rem,
#
kampas rem