MENU
icon label
image label
blacklogo

Cegah Virus Corona di Interior Mobil

MAR 19, 2020@10:17 WIB | 393 Views

Hingga saat ini, lebih dari 100 orang di Indonesia terinfeksi virus corona (Covid-19), bahkan ada yang sudah meninggal dunia, meskipun masih dikatakan suspect. Tentunya wabah dunia ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat Indonesia. Di Jakarta sendiri, mayoritas perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bekerja di rumah, meskipun bagi karyawan di pabrik vital masih tetap bekerja di site (pabrik).

(Kota Wuhan yang sepi akibat virus corona)

Bagi yang tetap bekerja ke kantor, tentunya menggunakan pelengkapan seperti masker, sarung tangan serta pembersih tangan (sabun/hand sanitizer) jika menggunakan kendaraan umum. Bagi yang menggunakan mobil pribadi sendiri, setidaknya menggunakan AC kendaraan untuk meminimalisir masuknya partikel virus ke dalam kabin. Namun, ternyata tak segampang itu pula “menyetop” hadirnya virus tersebut ke dalam kabin. Beberapa aftersales otomotif, sudah mencanangkan pembersihan sirkulasi udara secara gratis. Untuk pembersihan sedini mungkin, WHO juga memberikan edukasi ringan untuk mencegah virus ini berkembang di kabin mobil, yaitu menerapkan hal sebagai berikut.

Proteksi Diri Terlebih Dahulu

Maksudnya? Ya, tentunya kita harus menjaga kondisi badan (Fit). Covid-19 sangat mudah menyerang jika imunitas tubuh sedang lemah. Sehingga kita wajib menjaga asupan gizi seimbang, konsumsi multivitamin dan istirahat cukup. Selain itu, membiasakan cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun antiseptik atau bahan mengandung alkohol mampu membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda. Lakukan pula social distancing, jaga jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin minimal 1 meter, agar cairan yang keluar dan kemungkinan mengandung virus tidak menempel ke tubuh Anda.

(Sebelum membersihkan interior mobil, sebaiknya proteksi diri pribadi terlebih dahulu)

Lalu, jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda terlalu sering karena tangan Anda pasti menyentuh banyak permukaan yang kemungkinan ada virus yang menempel. Jika begitu, Anda pasti akan memindahkan virus tersebut dari mata, hidung, dan mulut ke tubuh Anda melalui tangan tersebut. Lakukan aturan bersin atau batuk yang benar. Pastikan ketika Anda batuk atau bersin agar selalu menutup mulut dan hidung dengan siku tangan yang ditekuk. Dengan begitu, ketika kita ada di dalam mobil sendiri, virus ini tidak akan menyebar di kabin mobil kita.

Rajin Membersihkan Mobil Secara Rutin

Hal yang paling utama adalah dengan menjaga perawatan dan kebersihan di bagian interior mobil, karena aktivitas rutin tentunya akan berada di dalam kabin. Kalian bisa menyiapkan cairan pembersih tangan di mobil, karena ketika selesai menyentuh sesuatu, akan lebih mudah membersihkan tangan dengan cairan pembersih tersebut. Gunakan hand sanitizer ini sebelum dan sesudah Anda berkendara.

Meskipun kita berada di dalam mobil, tetap gunakan masker ketika sedang berkendara atau pun sedang merasakan gejala-gejala seperti demam, pilek, dan batuk. Perlu dicatat, udara yang dikeluarkan AC mobil hanya berputar-putar di dalam kabin kendaraan. sehingga jika kita sedang flu dan bersin, partikel virus tersebut akan berputar-putar di dalam kabin.

Yang terpenting, selalu bersihkan kabin mobil dengan rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang di kabin mobil, karena bakteri dan kuman bisa membuat kita bersin. Gunakan produk khusus untuk pembersih interior mobil, yang ternyata banyak dijual di toko aksesoris mobil atau bahkan di aftersales perusahaan kendaraan. Bersihkan dengan rutin, buat jadwal semisalnya setelah menggunakan kendaraan. Cairan semprot anti bakteri juga bisa dibeli di toko aftermarket. Semprotkan cairan ini ke seluruh bagian interior mobil. Akan lebih baik demi mencegah hinggapnya virus corona, sebaiknya cairan anti bakteri disemprot setiap hari sebelum berkendara.

Saat ini, fogging kabin mobil sudah banyak khususnya di Jakarta. Fogging ini bukan sembarang fogging, karena asapnya bisa membunuh virus dan bakteri. Mirip dengan fogging nyamuk DBD, hanya saja pengerjaannya wajib menyalakan AC, agar sirkulasi seluruh interior kendaraan dapat tersapu dengan asap dari fogging ini. Setiap pabrikan otomotif juga memiliki barang aftermarket seperti air purifier, untuk kabin mobil dan juga perawatan khusus untuk interior kendaraan. akhir kata, semoga BlackPals semua selalu sehat dan tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
virus corona,
#
interior,
#
membersihkan,
#
flu