MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengganti Pad dan Rotor Rem

FEB 08, 2021@09:00 WIB | 854 Views

Bantalan rem dan rotor membantu kendaraan Anda berhenti dengan aman, jadi penting untuk menggantinya jika diperlukan. Dan melalui AutoZone, mereka merekomendasikan pemeriksaan atau inspeksi bantalan rem atau mengganti ban Anda.

Jika Anda mengalami masalah seperti memekik, mencicit atau menggeretak, denyut dari pedal, roda kemudi bergoyang (atau gemetar), ini bisa menjadi indikasi bantalan atau rotor yang aus atau rusak. AutoZone merekomendasikan untuk mengganti bantalan dan rotor bersamaan untuk pekerjaan rem yang lengkap. Dan berikut ini adalah tahap-tahap cara menggantinya:

1. Utamakan keselamatan

Parkir kendaraan di permukaan yang kering dan rata dan pasang pengunci roda. Pastikan untuk memakai kacamata pengaman dan sarung tangan pelindung. Hati-hati saat mengangkat mobil. Gunakan titik jack yang aman untuk jack dan jack stand.

2. Periksa tingkat cairan rem

Buka kap mesin dan periksa reservoir minyak rem. Jika sudah penuh, beberapa cairan perlu dikeluarkan. Ini akan membantu menghindari tumpahan akibat luapan saat mengompresi piston kaliper rem.

3. Naikkan kendaraan dan lepaskan roda

Longgarkan mur roda dengan palang pemutus dan soket saat roda berada di tanah dan tidak bergerak. Angkat kendaraan dengan dongkrak hidrolik dari titik aman. Tempatkan dudukan dongkrak atau dudukan di bawah titik yang sesuai dan turunkan kendaraan dengan aman ke dudukan dongkrak. Lepaskan mur roda dan roda.

4. Lepaskan bola dan kaliper

Anda harus bisa menjangkau baut kaliper dengan cukup mudah. Memutar roda ke kiri atau kanan akan memberikan akses yang lebih mudah. Setelah kaliper dilepas, gantung dengan kabel bungee.

5. Hapus pad dan rotor lama

Periksa bantalan lama untuk pola keausan yang tidak rata. Keausan yang tidak rata adalah indikator pad atau pad 'menempel' karena kurangnya pelumas, pad yang aus atau perangkat keras kaliper, atau piston kaliper yang menempel. Kotak bantalan rem akan memiliki panduan untuk referensi saat memeriksa keausan yang tidak merata, atau Anda dapat merujuk panduan ini.

Setelah bantalan dilepas, lepaskan rotor. Pada banyak kendaraan, Anda harus melepas braket pemasangan kaliper untuk melepaskan rotor. Baut kaliper rem ke braket pemasangan kaliper rem yang dibaut ke unit spindel. Untuk melepaskan rotor rem, pertama-tama lepas kaliper rem, lalu lepas braket kaliper rem. Ini akan memungkinkan akses ke rotor.

Saat melepas rotor, hati-hati terhadap karat atau keausan yang tidak merata. Anda mungkin memerlukan bantuan dari penetran karat seperti PB B'laster atau palu untuk menyelesaikannya dari rakitan hub.

6. Bersihkan permukaan rotor mounting

Permukaan hub perlu dibersihkan dengan sikat kawat untuk menghilangkan karat dan kotoran. Ini akan memastikan rotor baru duduk rata pada hub dan menghilangkan kemungkinan denyut pedal. Karat setipis selembar kertas dapat menyebabkan getar pedal.

7. Bersihkan rotor baru

Ambil beberapa pembersih rem. Dan tentunya gunakan.

8. Pasang rotor baru

Pasang rotor baru dengan baik.

9. Pasang perangkat keras rem

Ganti perangkat keras rem dengan perangkat keras baru. Saat aus, perangkat keras rem lama menciptakan getaran yang terdengar dalam bentuk suara rem pada kecepatan berhenti rendah.

10. Pasang rem pad baru

Perhatikan orientasi posisi sensor aus untuk memasang bantalan dengan benar. Bantalan yang berbeda memiliki penempatan sensor aus yang berbeda-beda. Beberapa set bantalan memiliki sensor keausan hanya pada bantalan bagian dalam, beberapa pada keempat bantalan, dan beberapa tidak memiliki sensor keausan.

11. Periksa caliper rem dan piston, lalu kompresi

Lihat kaliper rem dan piston dan periksa apakah ada rembesan minyak rem. Jika kaliper dan piston bersih, gunakan penyebar bantalan rem cakram depan/belakang yang disetel untuk memasang piston kaliper dengan aman.

13. Pasang kaliper

Lepaskan caliper dari kabel bungee dan pasang kembali.

14. Cek reservoir cairan rem

Top-off ke garis pengisian maksimal jika diperlukan. Pastikan tutup reservoir minyak rem dipasang sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Ini akan menghindari tumpahan.

15. Pompa rem

Ini akan memastikan minyak rem mengalir dengan baik dan sistem bekerja. Duduklah di dalam kendaraan dan perlahan-lahan pompa pedal rem hingga terasa kencang.

16. Periksa kembali reservoir cairan rem

Top-off lagi jika perlu. Selalu pasang kembali tutupnya setelah menutupnya untuk menghindari tumpahan.

17. Pasang roda dan kembalikan kendaraan ke posisi semula

Pasang roda dan kencangkan mur roda saat kendaraan dinaikkan. Angkat kendaraan dengan dongkrak, lepas dudukan dongkrak, turunkan kendaraan sampai roda hanya bersentuhan, dan kencangkan mur roda dengan kunci torsi.

18. Pasang kembali pedal rem

Pastikan pedal rem kencang sebelum mengemudi.

19. Jalankan kendaraan dengan perlahan

Pergi untuk berkendara yang aman dan lebih soft untuk menginjak rem baru. Di jalan yang aman, akselerasi hingga sekitar 50mph. Terapkan rem, jangan terlalu keras, dan secara perlahan turunkan kecepatan kendaraan menjadi 30mph. Lanjutkan berkendara dengan kecepatan ini selama 2 hingga 3 menit agar rem mendingin. Ulangi proses ini empat hingga lima kali hingga rem baru siap digunakan sehari-hari. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara mengganti pad,
#
cara mengganti rotor rem,
#
tips mobil