MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memeriksa dan Mengisi Ulang Oli Mesin Mobil

NOV 21, 2020@10:00 WIB | 297 Views

Oli sangat penting untuk menjaga mesin mobil tetap berjalan, jadi penting bagi Anda untuk memeriksa apakah oli mesin mobil Anda dalam kondisi baik. Karena jika tidak, maka performa mobil akan menjadi buruk atau bahkan mengalami kerusakan mesin yang parah. Nah, berikut ini cara memeriksa oli mesin mobil ditambah dengan cara mengisi ulangnya;

Dinginkan mesin

Pertama-tama parkir mobil Anda di permukaan yang rata dan tunggu mesin dingin. Hal ini penting untuk memastikan level oli seragam di seluruh mesin, dan bahwa oli tidak mengembang karena panas yang dihasilkan dari mesin - keduanya dapat menyebabkan pembacaan yang tidak akurat.

Gunakan tongkat celup pengukur

Buka kap mesin, dan ambil handuk dapur atau kain bersih. Anda harus mencari tongkat celup mobil - potongan logam panjang dan tipis yang biasanya memiliki pegangan plastik kuning atau oranye. Biasanya cukup mudah diakses dan terletak di dekat mesin. Tarik tongkat pengukur celup dengan hati-hati, berhati-hatilah agar oli tidak melewati mesin. Lap, ganti, dan tarik lagi.

Tongkat celup akan memiliki tanda minimum dan maksimum di ujungnya. Mesin yang sehat harus memiliki oli pada tongkat pencukur pada titik di antara keduanya - sebaiknya mengarah ke maksimum.

Periksa warna oli

Warna emas oli menunjukkan normal. Namun jika berwarna gelap atau hitam (warnanya semakin gelap), maka tanda itu jadi pertimbangan untuk mengganti oli mesin. Bila selesai memeriksa oli, masukkan kembali tongkat celup dan pastikan telah dimasukkan kembali dengan kuat ke dalam mesin.

Cara mengisi ulang oli mesin

Anda harus menggunakan oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. Dealer lokal atau toko suku cadang mobil Anda akan dapat menyediakan oli terbaik untuk mobil Anda. Sekali lagi pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum melakukan pengisian ulang. Lalu buka tutup oli yang terletak di atas mesin mobil. Jika Anda tidak yakin, hubungi dealer setempat atau periksa buku panduan mobil Anda.

Dengan menggunakan corong, tuangkan sedikit oli, berikan waktu untuk mengalir ke mesin. Periksa level tongkat celup. Butuh lebih banyak? Ulangi proses ini, ingatlah untuk menambahkan sedikit dan kemudian periksa pengukur celup setiap kali. Berhati-hatilah agar tidak terlalu penuh, karena hal itu dapat mengakibatkan kerusakan mesin. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara periksa oli mobil,
#
cara isi ulang oli mobil,
#
tips mobil,
#
isi ulang oli mobil