MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Tips Alasan Mengganti Kulit Jok Saat Musim Hujan

DEC 19, 2019@09:00 WIB | 1,043 Views

Musim hujan sudah biasa kita hadapi namun harus cermat mengatasinya termasuk dalam hal perawatan kendaraan. Saat hujan melanda, interior kendaraan kita terkadang terkena imbasnya yaitu lembab, kotor akibat kemarau panjang dan noda yang menempel.

Selain memerlukan pembersihan secara berkala, mungkin Black Pals perlu mempertimbangkan kualitas dan fungsional jok mobil Anda.  Segala macam kemungkinan seperti bakteri bisa hidup dalam kondisi lembab, atau kelalaian untuk memvacum interior menyebabkan kondisi kesehatan Anda cepat terganggu. 

Untuk itu Black Pals juga  perlu mempertimbangkan seberapa panjang umur pelapis jok, dengan memperhatikan saat memilih pelapis jok, agar jok anda tetap bersih dan nyaman. Berikut ini delapan analisa singkat terkait kondisi jok mobil Anda dari Total Auto Mania. 

1. Paling pertama adalah segera ganti kulit jok anda jika masih menggunakan pelapis pabrik atau berbahan kain. Hal ini memudahkan untuk terhindar dari rembesan dan bau yang tidak sedap, disebabkan lamanya pemakaian atau pembersihan yang kurang intens. 

2. Pilih kulit jok yang aman dan berkualitas sehingga terhindar dari adanya kerusakan atau robek. Pilih yang tebal sehingga aman untuk jangka panjang, salah satunya dengan kulit jok yang memiliki garansi paling lama (garansi 5 tahun).

3. Saat musim hujan tiba, penggantian sarung jok harus mengamati kekenyalan dan kualitas busa. Mana tahu busanya rusak harus segera diperbaiki, karena jika terdapat rembesan air, busa tidak akan bertahan lama dan cepat rusak.
Busa yang baik pilih yang kualitas super. Pilih yang empuk dan ketebalannya tidak kurang dari 1 cm. Terkecuali untuk penggunaan lain bisa 0.5cm sampai 0.8cm.

4. Pilih pelapis yang memiliki anti UV dan coating yang baik. Coating yang berkualitas baik sangat aman untuk ketahanan warna agar tidak pudar. Termasuk saat perubahan cuaca dari hujan ke panas sangat tergantung dari kualitas UV Protection dan Ultraviolet yang dimiliki.

5. Bagi yang suka motif, cek bagian permukaan bahan. Biasanya kulit sintetis masih tergolong oscar dan teksturnya pasaran. Ada juga sintetis yang teksturnya mirip kulit asli namun ini perlu pengamatan dan konsultasi kepada pembuatnya.

6. Saat udara lembab, kotoran dan penyakit mudah timbul. Makanya pilih pelapis yang yang mempunyai karakter antibacterial yang lifetime sehingga jamur dan bakteri pun sulit mengendap di pelapis jok dan interior mobil Anda.

7. Mintalah model jok yang cocok untuk penggunaan kendaraan anda. Jika sering digunakan harian tidak disarankan menggunakan model yang terlalu banyak motif dan rubahan, disamping penghematan biaya.

8. Pilih warna kulit yang gelap namun masih terkesan elegan. Seperti warna krem, capucino, saddle atau grey. Nanti pihak pembuat akan merekomendasikan warna yang cocol di samping model jahitan dan warna benang supaya harmonis.

Itulah ringkasan singkat mengapa jok mobil Anda menjadi satu perhatian setelah kelaikan mesin, kualitas oli, kualitas filter udara untuk distribusi udara dalam kabin dan terakhir kulit jok yang juga menjadi pertimbangan kenyamanan dan penampilan interior mobil Anda. [Ahs/timBX]

Tags :

#
ganti jok,
#
kulit kok berkualitas,
#
kenyamanan mobil,
#
interior jok,
#
total auto mania

RELATED ARTICLE