MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Tips Perawatan Mobil yang Dapat Dilakukan di Rumah

DEC 12, 2021@17:30 WIB | 322 Views

Siapa bilang semua perawatan mobil harus dilakukan oleh ahlinya? Tentu saja, Blackpals juga bisa melakukan beberapa perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Di bawah ini kami merangkum tujuh tips perawatan mobil yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak waktu.

1. Periksa Baterai

Luangkan waktu untuk inspeksi visual cepat dan pembersihan setidaknya setahun sekali.  Periksa terminal baterai apakah ada tanda-tanda asam baterai putih kering. Jika ada, lepaskan kabel dari baterai.

Gunakan sikat kawat dan cairan penghilang korosi, atau bisa juga dengan campuran soda kue dan air. Bilas area dengan air, keringkan dengan lap, dan sambungkan kembali kabel baterai. Perawatan ini memakan waktu 15-20 menit.

2. Ganti Wiper

Ganti bilah wiper depan yang aus, meninggalkan goresan, atau tidak secara efektif menghilangkan hujan dan salju. Ketika mendengar suara mencicit, itu indikator saatnya untuk mengganti wiper. Penggantian disarankan setiap 6-12 bulan dan pastikan beli satu set tambahan sebagai cadangan, bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Penggantian wiper hanya sekitar 10-15 menit saja.

3. Ganti Filter Udara

Filter udara yang kotor akan membatasi banyak aliran udara yang masuk dan memberi tekanan ekstra pada mesin. Jadwal perawatan untuk mengganti filter udara dapat sangat bervariasi antar produsen mobil. Beberapa merekomendasikan melakukannya setiap 24.000-72.000 km.

Jika filter udara tampak abu-abu atau hitam, maka sudah saatnya untuk diganti. Perkiraan waktu yang dibutuhkan adalah 5-10 menit.

4. Mencuci

Cucilah kendaraan secara rutin, jangan terlalu sedikit atau berlebihan. Ini sangat penting untuk menjaga tampilan mobil seperti baru. Investasi waktu hanya 20-30 menit saja.

5. Waxing

Untuk menjaga penampilan dan integritas eksteriornya, lakukan waxing dua atau tiga kali per tahun.  Dengan meluangkan waktu 50-60 menit, Blackpals telah melindungi clear coat dan cat mobil dari unsur-unsur buruk.

6. Periksa Cairan 

Dengan indikator dasbor menunjukkan saat level cairan rendah, sangat bijaksana untuk sesekali memeriksa level cairan mobil Anda. Gunakan lap bersih atau handuk kertas untuk menyeka dipstick. Perkiraan waktu yang dibutuhkan 10 menit saja.

7. Periksa Tekanan Ban

Banyak kendaraan modern datang dengan sistem pemantauan tekanan ban, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa tekanan ban secara manual secara berkala. Mengemudi dengan ban yang kurang angin dapat meningkatkan asupan bahan bakar dan merusak ban.

Pastikan untuk mengisi ban dengan tekanan yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan dan bukan tingkat psi yang ditunjukkan pada ban yang sebenarnya. Perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 menit saja. [yub/zzz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips mobil