MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Cara Modifikasi yang Mampu Meningkatkan Performance (Bag-I)

DEC 15, 2018@14:00 WIB | 337 Views

Bagi penggemar otomotif, mobil standar pabrikan banyak menyebabkan masalah karena performance yang terbatas. Banyak sekali bengkel-bengkel menawarkan peningkatan performance, namun kita sendiri harus tahu bagaimana membangun mobil yang benar-benar mampu menambah daya sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Langkah biasanya dilakukan dengan memperhatikan kinerja mesin, dengan menghandle air intake didukung piston yang bergerak ke bawah, menciptakan ruang hampa udara, memungkinkan udara dimampatkan dalam tekanan atmosphere, kemudian ditarik ke ruang bakar.  Kemudian dikombinasikan dengan bahan bakar yang mudah dibakar menjadi satu energy yang diubah menjadi energy kinetic melalui pembakaran atau pengapian dari busi.

Untuk meningkatkan kinerja mobil, dalam artian lebih cepat butuh upaya untuk mengefisienkan ruang pembakaran agar menghasilkan tenaga lebih kuat, setidaknya lebih efisien. Karena asupan bahan bakar yang banyak di ruang mesin tidak memberikan performa tambahan, karena yang dibutuhkan adalah mengikat oksigen di udara dan bahan bakar untuk pembakaran.  Sebaliknya, modifikasi mesin mobil Anda nanti lebih mengarah pada penerimaan oksigen lebih banyak dan bahan bakar.

Pertama Weight Reduction

Secara teori fisika, benda yang ringan bergerak lebih cepat daripada benda berat. Solusi ini melibatkan penggantian bagian yang berat pada mobil, termasuk block mesin dengan yang lebih ringan, seperti body plat diganti dengan carbon fiber misalnya, dan itu lebih aerodinamis. Singkirkan kursi tambahan, atau tidak perlu banyak orang untuk menggenjot throttle lebih dalam. Ganti kaca dengan versi plastic atau akrilik lebih ringan, atau bahkan mengangkat bagian dashboard kalau perlu.  Bila perlu mengganti ban dan roda yang lebih ringan dengan bahan logam ringan, untuk membantu meningkatkan performance mobil saat melintas di jalanan.

Kedua Performance Chips

Jika Anda memiliki mobil-mobil dengan perakitan diatas 2010, pastinya telah mengadopsi pengaturan yang berbasis komputer, seperti pengaturan timing, rem anti lock, dan rasio bahan bakar terhadap udara yang cukup penting. Penggunaan chips adalah untuk mengganti pengaturan mesin (hacks) yang telah diterapkan oleh pabrikan.   Akibatnya tenaga yang dihasilkan dari mesin cukup bertumbuh dalam akselerasi.

Chips bekerja menetapkan parameter baru mewujudkan fungsi yang Anda pilih. Seperti contoh  memberitahukan kinerja mesin yang menyedot bahan bakar lebih efisien. Instalasinya cukup mudah, dan perlu bantuan pada pihak yang ahli dalam hal ini. Hanya dengan mencopot chip pabrikan dan memasang chip yang baru, seperti halnya memasukkan chip di computer desktop. [Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi,
#
tips,
#
performance,
#
tambah performance