MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Ride: Moto Guzzi Audace, Cruiser Sangar

FEB 26, 2016@13:00 WIB | 3,857 Views

Moto Guzzi adalah kuda besi yang memiliki ciri khas tersendiri. Mesin berkonfigurasi V yang melintang menjadi trade mark milik pabrikan motor asal Italia tersebut. Kali ini Blackxperience.com berkesempatan untuk mencoba salah satu modelnya yakni Moto Guzzi Audace. Motor bergenre cruiser tersebut tampil sangar dengan balutan warna hitam doff pada seluruh bagian.

Kuda besi yang dibekali mesin 1400 cc ini begitu mempesona kami untuk segera mencoba peformanya saat pandangan pertama. Berangkat dari dealer premiumnya di kawasan Bintaro, motor yang memiliki bobot hampir 300 kilogram ini cukup nyaman dikendarai. Posisi mesin yang sejajar dengan jok ditambah posisi mesin yang melintang membuat kami sedikit canggung. Hentakan piston yang mendorong bodi motor kekanan saat membuka gas, membuat kami penasaran apakah gerakan tersebut akan mengurangi kestabilan berkendara

.

Ternyata hal itu tidak sama sekali berpengaruh, motor tetap stabil meski kami membesutnya secara maksimal. Pilihan menu karakter mesin tidak luput untuk kami coba. Memulai dari yang paling rendah yakni Pioggia, dengan mode ini putaran mesin sangat terbatas. Jarum rpm hanya sanggup berputar hingga angka empat ribu saja, ini cukup memberikan waktu kami untuk beradaptasi dengan tunggangan.

Berlanjut pada mode Turismo, Audace mulai menunjukkan karakter aslinya. Tarikan mesin cukup galak sejak putaran bawah meskipun terdapat sedikit delay ketika kami memelintir grip gas. Maklum saja, motor bergenre cruiser tidak selincah motor sport atau superbike. Beralih pada mode Veloce, muntahan tenaga sebesar 96 hp membuat bodi pengendara terdorong hempasan angin cukup kencang.

Gearbox 6 percepatan yang diteruskan oleh double cardan joint and fixed bevel gear seat membuat perpindahan gigi lebih mulus. Wheelbase motor yang mencapai 1695 mm membuat kami kesulitan berkendara dalam kondisi lalu lintas perkotaan nan padat. Never mind, motor ini dibuat untuk turing jarak jauh sehingga membutuhkan wheelbase yang cukup panjang. Berbicara mengenai riding position, motor ini sangat cocok untuk pengendara berpostur 180 cm.

Hal ini dikarenakan posisi tangan dan kaki sangat pas dan tidak membuat pengendara cepat lelah. Kapasitas tangki yang mampu menampung 20,5 liter menambah nyaman touring Anda, karena tidak perlu sering-sering mampir ke pom bensin. Kenyamanan berkendara bertambah nyaman berkat penggunaan suspensi belakang berbahan gas dan dapat diatur tingkat kekerasannya.

Fitur pengereman yang mumpuni menjamin keamanan perjalanan turing. Dual disc brake berukuran 320 mm dibantu kaliper Brembo 4 piston lebih dari cukup menghentikan laju motor. Untuk bagian belakang, pengereman motor telah dilengkapi kaliper Brembo 2 piston dengan piringan 282 mm. Pemakaian velg alumunium dengan kelir hitam juga menambah kesan sangar pada motor.

Ban lebar dan diameter depan yang lebih besar menjadi salah satu syarat bagi motor bergenre cruiser. Pada bagian depan bagian roda menggunakan ban dengan lebar 130/70 R18, sedangkan pada bagian belakang berukuran 200/60 R16. Unit yang kami pakai menggunakan si kulit bundar merek Dunlop, good enough!

Melihat tampilan Moto Guzzi Audace standar pabrikan, membuat kami tergelitik untuk memodifikasi kuda besi asal negeri Pizza ini. Dalam hal ini kami meminta rekomendasi modif dari builder kondang Tanah Air Bingky Biker Stasion. Pria gondrong tersebut menyarankan untuk menambahkan peranti saddle bag agar memperkuat kesan motor touring. Bagian kemudi atau setang juga menjadi perhatian Bingky, menurutnya peranti tersebut dapat dibuat lebih menarik lagi. Bagaimana rekomendasi modif dari Bingky Biker Stasion secara rinci, saksikan video kami diatas. [dw/timBX]

Spesifikasi:

Spesifikasi
Mesin : 90° V-twin engine, 4-stroke, 4 valves, double ignition,
Sistem pendingin: Air and oil with an independent cooling pump, Oil radiator with thermostat controlled fan.
Kapasitas : 1380 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : phased electronic Multipoint sequential injection, Magneti Marelli IAW7SM; “ride by wire” Ø 52 mm throttle body, IWP 243 Magneti Marelli injectors, double oxygen sensor, integrated management of 3 engine mappings, traction control, cruise control
Tenaga Maksimum : 96 hp
Torsi Maksimum : 121 Nm 3000 min-1
Transmisi : Manual 6 percepatan
Bahan Bakar : Gasoline
Kapasitas tangki : 20.5 liter
Panjang : 2445 mm
Lebar : 920 mm
Tinggi : 1145 mm
Sumbu Roda : 1695 mm
Berat kosong : 299 kg
Suspensi Depan : Standard fork , Ø 45 mm, with radial calliper mounting bracket
Suspensi Belakang : Swingarm with double shock absorber with adjustable extension and spring preload with remote tank.
Ban Depan : 130/70 R18
Ban Belakang : 200/60 R16
Tinggi tempat duduk: 740 mm
Fitur lain : steel tubing, closed double cradle with elastic-kinematic engine mounting system to isolate vibrations, 4 piston dual front brake Brembo, 2 piston rear brake, Aluminium alloy rims, stainless steel exhaust, 2-in-2 type, 3-way catalytic converter with double oxygen sensor
Harga : Rp 765 juta off the road Jakarta

Tags :

#
moto guzzi audace,
#
moto guzzi,
#
moge