MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar F-Pace R-Sport, SUV pertama dari Jaguar

JUL 01, 2016@12:00 WIB | 2,335 Views

PT Grandauto Dinamika (GAD) selaku APM merek Jaguar berencana untuk meluncurkan secara resmi SUV pertama dari Jaguar, yaitu Jaguar F-Pace pada ajang GIIAS 2016 mendatang. Namun, sebelum memperkenalkan secara resmi kepada konsumen, Jaguar memberikan kesempatan bagi media untuk melihat terlebih dahulu wujud Jaguar F-Pace tersebut.

Meskipun belum  ada informasi resmi mengenai spesifikasi yang ditawarkan, berdasarkan pengamatan kami pada mesin yang bertuliskan supercharged. Maka, kemungkinan besar F-Pace yang masuk ke pasar Indonesia dilengkapi dengan mesin bensin 3.0 liter V6 Supercharged.

Mesin bensin tersebut menghasilkan tenaga 340PS dengan torsi puncak 450 Nm. Mengapa kami menyimpulkan tenaganya sebesar 340PS? Karena F-Pace yang kami lihat merupakan varian R-Sport, jika varian S maka mesin yang dimiliki dapat menyemburkan tenaga hingga 380PS. Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Sebanyak 80% sasis F-Pace terbuat dari bahan aluminium, arsitekturnya memiliki kesamaan dengan XE dan XF.F-Pace advanced chassis & suspension system adalah hasil evolusi dari konfigurasi yang digunakan pada mobil sport F-Type. Paduan tersebut memberikan pengendalian lincah yang didukung oleh Jaguar’s Electronic Power Assisted Steering (EPAS), dan Intelligent Driveline Dynamics untuk meminimalisir gejala understeer maupun oversteer.

Teknologi sistem penggerak empat roda milik F-Pace dapat menyesuaikan dengan kondisi jalanan. Saat berkendara dalam kondisi normal, mesin menyalurkan tenaga ke roda belakang hingga 90%, dan roda depan mendapatkan 10%. Distribusi ini memberikan sensasi berkendara khas roda belakang layaknya sebuah Jaguar. Pada saat tertentu, tenaga dapat disalurkan ke roda depan hingga 90% untuk memaksimalkan traksi di beragam kondisi. Proses tersebut membutuhkan waktu kurang dari 165 mili detik.

Dari segi kepraktisan, F-Pace memiliki ruang penyimpanan sebesar 650 liter, dengan bantuan konfigurasi kursi belakang 40:20:40, ruang tersebut dapat diatur sedemikian rupa untuk menambah ruang hingga 1.740 liter.

Roland Staehler, Chief Operating Officer PT GAD, mengatakan,” All-New Jaguar F-Pace menawarkan ruang interior luas dengan kapasitas lima orang dan kenyamanan berkendara menghasilkan kinerja yang sensasional. Jaguar F-Pace merangkum semua kelebihan yang disuguhkan oleh Jaguar; desain menawan, interior mewah, ketangguhan berkendara, dan penggunaan teknologi mutakhir.” [aag/timBX]

Spesifikasi Jaguar F-Pace R-Sport 3.0 liter V6 Supercharged (mengacu pada spesifikasi Global)

Kapasitas mesin: 2.995 cc

Tenaga maksimum: 340 PS @ 6.500 rpm

Torsi puncak: 450 Nm @ 4.500 rpm

Transmisi: Otomatis 8-percepatan

Akselerasi 0-100 kpj: 5,8 detik

Kecepatan puncak: 250 kpj

Panjang: 4.731 mm

Lebar: 1.936 mm

Tinggi: 1.652 mm

Ground Clearance: 213 mm

Bobot: 1.820 kg

Harga: Rp 1,999 miliar (off the road)

Tags :

#
jaguar f-pace r-sport,
#
jaguar f-pace,
#
jaguar,
#
suv,
#
jaguar suv