MENU
icon label
image label
blacklogo

WSBK: Jonathan Rea Tutup Musim dengan Pecahkan Rekor

NOV 07, 2017@08:00 WIB | 223 Views

Pebalap WSBK, Jonathan Rea sukses memecahkan rekor poin klasemen milik Colin Edwards. Bukan cuma pecah rekor Jonathan Rea juga berhasil memenangi Race 2 World Superbike Qatar.

Rea menjadi pemberitaan utama dalam beberapa pekan terakhir ini. Sesuai mengemas kemenangan ke-15 yang dicetaknya pada Race 1, pebalap Kawasaki Racing Team itu menutup musim dengan torehan rekor luar biasa.

Kemenangan pada Race 2 membuat Rea mengoleksi total 556 poin dalam klasemen akhir. Torehan yang sekaligus mengantarkannya sebagai pemecah rekor poin Edwards pada 2002, ketika mantan pembalap WorldSBK ini mencetak 552 poin.

Rea juga menambah jumlah kemenangan dalam semusim menjadi 16 kali, beserta delapan podium. Pencapaian sempurna untuk melengkapi gelar juara dunia yang dikunci sang pembalap saat WorldSBK Perancis.

Meskipun memulai balapan dari urutan kesembilan, Rea tak menemui kesulitan berarti untuk merebut posisi teratas. Hanya butuh dua lap – juga karena momen Chaz Davies yang hampir terjatuh – pembalap Irlandia Utara itu mengambil alih status pimpinan balapan.

Sempat jaraknya dipangkas Davies pada empat lap berikutnya. Namun, Rea berhasil dengan cepat memperlebar dan menjauh dari kejaran pebalap Ducati tersebut. Menjelang berakhirnya balapan, Rea sudah tak terbendung dan akhirnya berhasil finis lebih dulu. Davies mengamankan podium kedua, terutama dari ancaman duo Yamaha: Alex Lowes dan Michael van der Mark.

Xavi Fores mampu mengungguli Marco Melandri untuk raihan finis kelima. Di belakang mereka ada pembalap Milwaukee Aprilia, Eugene Laverty, kemudian diikuti Sylvain Guintoli. Pebalap MV Agusta, Leon Camier, finis di depan Roman Ramos yang mengalahkan Raffaele De Rosa dan Jake Gagne untuk perebutan posisi 10 besar.

Sementara itu, tiga pembalap tidak finis balapan, yakni Tom Sykes (Kawasaki Racing Team), Lorenzo Savadori (Milwaukee Aprilia) dan Jordi Torres (BMW). [yus/timBX]

Tags :

#
jonathan rea,
#
blackauto,
#
autonews