MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Hadirkan Dua Versi ID4 Untuk Tiongkok

NOV 14, 2020@16:00 WIB | 505 Views

VW kini secara resmi telah menghadirkan dua versi ID.4 yang dibuat untuk pasar Tiongkok. ID.4 X adalah versi SUV listrik yang dikembangkan untuk SAIC-VW, sedangkan ID.4 Crozz adalah mitra dari FAW-VW.

VW ID.4 X mengalami sedikit modifikasi untuk Tiongkok dan berbeda dari versi Eropa yang dihadirkan pada bulan September dengan lampu depan, lampu belakang, dan bumper yang berbeda. Yang terakhir ini membuat SAIC-VW edisi 20 milimeter lebih panjang dari ID.4 biasa, tapi ID.4 Crozz dari FAW-VW sama dengan e-SUV yang bisa didapatkan di Eropa.

Konsep interior dasar dengan layar sentuh yang berdiri bebas juga tetap ada di kedua model, tetapi ID.4 X memiliki konsol tengah yang sedikit dimodifikasi. Pada saat yang sama, ID.4 Crozz kembali sesuai dengan versi UE yang dibangun di Zwickau, Jerman. Space-nya juga identik karena lebar dan wheelbase sama pada ID.4 X dan ID.4 Crozz. Perbedaan panjang dua sentimeter, seperti yang disebutkan, terutama disebabkan oleh bentuk bumper yang berbeda.

Produksi ID.4 X oleh SAIC-VW dimulai beberapa hari yang lalu. ID.4 Crozz sekarang juga sedang dibangun di pabrik Foshan FAW-Volkswagen. Baik pabrik Foshan maupun pabrik SAIC-VW baru di Anting akan memiliki kapasitas 300.000 unit per tahun.

Data teknis pada dua turunan ID.4 tidak disertakan dalam pemberitahuan China Volkswagen. Artinya, untuk sementara hanya data UE dan versi Amerika Utara yang diketahui, seperti dua ukuran baterai 52 kWh dan 77 kWh. Ada juga empat level daya tergantung pada ukuran baterai. Baterai 52 kWh memungkinkan 109 atau 125 kW, dan baterai 77 kWh menawarkan 128 kW atau 150 kW untuk ID.

Menurut sebuah artikel blog di Tiongkok, pembeli dapat memesan ID.4 X dengan harga kurang dari 250.000 Yuan atau setara dengan sekitar 32.000 euro (sekitar RP 537 juta). Namun pihak Volkswagen belum menyebutkan harga.

Fengshi Han, CEO brand VW di Tiongkok, lebih lanjut mengatakan bahwa VW berencana meluncurkan total delapan ID. model di Tiongkok pada akhir 2023. Namun, masih terbuka apakah ID.4 Crozz dan ID.4 X akan dihitung sebagai satu atau dua model.

Selain itu, SAIC-Volkswagen menghadirkan mobil listrik lain yang tidak berbasiskan platform MEB. E-Tharu menggunakan basis MQB dari e-Golf, termasuk motor depan 100 kW. SAIC-VW berhasil memasang baterai yang lebih besar di bawah bodi. Alih-alih 35,8 kWh e-Golf, baterai di E-Tharu menjadi 44,1 kWh. Harganya mulai dari 194.800 Yuan, di bawah 25.000 euro (sekitar Rp 420 juta). [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
suv listrik,
#
vw,
#
volkswagen,
#
vw versi id4