MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Siap Hadapi Babak Baru

NOV 13, 2018@15:00 WIB | 1,011 Views

Tiga tahun yang lalu, Volkswagen pernah membuat heboh dunia otomotif. Ya, perusahaan otomotif asal Jerman tersebut terjerat kasus tentang masalah produknya yang ternyata tidak lolos uji emisi. Sebenarnya, kasus tersebut sudah tercium sejak tahun 2015 silam oleh Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA). Hal itu menyebabkan kegaduhan di internal Volkswagen dan menyebabkan perusahaan tersebut harus bergonta-ganti pimpinan.

Kini, tampaknya perusahaan tersebut sudah mampu melupakan kasus yang menimpanya itu. CEO Volkswagen, Herbert Diess, menyebutkan bahwa skandal tersebut kini hanyalah masa lalu. Selain itu, perusahaan juga kini telah meninvestasikan sekitar $ 30 milyar demi memperbaiki nama Volkswagen di mata dunia otomotif.

“Pada dasarnya, kami telah memperbaiki kembali hampir 90 persen masalah dalam perusahaan secara global,” ujar Diess dalam sebuah wawancara. “Saya pikir sebagian besar hal sudah kami atasi. Kami masih memiliki masalah hukum di seluruh dunia, (yaitu) di Jerman, dan untuk menyelesaikan hal itu akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan semuanya.”

“Kami baru saja menyelesaikan dengan Audi (pada akhir Oktober) dengan para pengacara negara bagian di Jerman. Memang masih ada beberapa masalah hukum lagi, tetapi secara teknis, kami berhasil mengatasi sebagian besar masalah.”

(Herbert Diess)

Namun, masalah hukum Volkswagen di Jerman belum seserius dengan apa yang telah terjadi di AS, yang mana para produsen mobil akan dijatuhkan atas tiga tindak pidana, yaitu persekongkolan, menghalangi jalur hukum, dan pengimporan barang ilegal.

Namun untuk beberapa negara, Volkswagen akan tetap memproduksi kendaraan bertenaga diesel. “Karena di beberapa negara, Anda tidak memiliki energi terbaru yang tersedia,” kata Diess menyimpulkan. “Dan kemudian jika Anda membuat perhitungan, diesel mungkin masih menjadi pilihan terbaik untuk mobilitas emisi CO2 rendah.” [rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
volkswagen,
#
herbert diess