MENU
icon label
image label
blacklogo

Usaha Jerman Dalam Mengembangkan Proyek Baterai Sel

OCT 16, 2019@12:00 WIB | 69 Views

Kementerian Ekonomi Jerman telah menyerahkan dokumen proyek besar pertama di Eropa untuk produksi baterai sel kepada Komisioner Eropa dan berharap untuk disetujui oleh Komisi berdasarkan undang-undang negara tahun ini.

Perusahaan asal Jerman dan perusahaan dari enam negara di Eropa lainnya ikut serta dalam proyek ini. Pemerintah Jerman tidak menyebutkan nama perusahaan dalam dokumennya, namun kemungkinan besar isi proposal Franco-Jerman tersebut mencakup perusahaan besar seperti PSA dan Saft.

Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmaier, berharap komisioner menerima persetujuan pada tahun ini. Ia menambahkan bahwa Jerman dan Eropa sendiri akan mengembangkan dan memproduksi baterai sel yang kompetitif, inovatif dan ramah lingkungan.

PSA melalui anak perusahaan Jerman Opel dan produsen baterai Prancis Saft, akan mengerjakan proyek ini. Konsorsium ingin meletakkan batu fondasi untuk pabrik percontohan pertama di wilayah Nouvelle-Aquitain Prancis sebelum akhir tahun dan membangun dua pabrik untuk produksi seri baterai sel pada paruh pertama dekade mendatang.

Selain itu, komunikasi terbaru mengenai persetujuan UE menyebutkan proyek produksi baterai sel utama lainnya. Mereka akan mengimplementasikan sebagai apa yang disebut "Proyek Penting Kepentingan Eropa Bersama" (IPCEI) melalui Komisi Uni Eropa dan negara-negara anggota UE lainnya.

Enam konsorsium mengajukan aplikasi,  termasuk perusahaan terkenal seperti BASF, VW, PSA, BMW dan Northvolt. Saat ini tidak diketahui apakah Volkswagen masih akan mengajukan pendanaan untuk proyek baterai sel dengan perusahaan Swedia Northvolt.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
jerman,
#
baterai sel,
#
mobil listrik